UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Metode Iventarisasi Gagasan (Brainstroming) Pada Pembelajaran Membaca Teks Berita Di Kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Metode Iventarisasi Gagasan (Brainstroming) Pada Pembelajaran Membaca Teks Berita Di Kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Muhammad Rijaldi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh model pembelajaran inventarisasi gagasan (brainstroming) pada pembelajaran membaca teks berita di kelas vii smp negeri 3 tarakan.penelitian ini di laksankan pada tahun ajaran 2021/2022. jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. populasi dalam penelitian ini siswa kelas vii di smp negeri 3 tarakan. sampel dalam penelitian ini adalah kelas vii.1 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas vii.2 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol teknik pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan tes berupa unjuk kerja kepada siswa. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas,dan uji hipotesis. berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 0,05 maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran dengan metode iventarisasi gagasan (brainstroming) pada pembelajaran membaca teks berita di kelas vii smp negeri 3 tarakan berpengaruh terhadap keterampilan siswa kelas vii dengan nilai yang diperoleh thitung -10,363 pada taraf signifikan >0,05 dan df = 29 didapatjkan nilai ttebel 1.69913 berarti thitung >ttabel, yaitu -10.363 > 0,05 artinya adanya pengaruh yang signifikan.hal tersebut di katakan berpengaruh pada siswa karena pada kelas eksperimen siswa cenderung lebih aktif dalam proses pembelajaran terlebih ketika mengungkapkan pendapatnya dan lebih percaya diri atas informasi yang di sampaikan, pada kelas kontrol siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran terlebih pada sesi menyampaikan pendapatnya. oleh karna itu, metode inventarisasi gagasan (brainstroming) berpengaruh terhadap keterampilan siswa pada proses pembelajaran.

Abstrak Indonesia

The purpose of this study was to explain how the learning model influenced the inventory of ideas (brainstorming) on learning to read news texts in smp negeri 3 tarakan class vii. this study was conducted during the 2021/2022 school year. this research was an example of experimental research. this study's population consisted of class vii students from smp negeri 3 tarakan. this study's sample included class vii. 1 with 31 students as an experimental class and class vii.2 with 30 students as a control class. data collection techniques were used on students in the form of performance tests. the normality test, homogeneity test, and hypothesis testing were the data analysis techniques used in this study. based on the analysis results, it could be concluded that learning to read news texts using the brainstorming method in class vii smp negeri 3 tarakan had an effect on the skills of class vii students with a value obtained tcount -10.363 at a significant level > 0.05 and df 29 the ttable value was 1.69913 meaning tcount> ttable, namely - 10.363 0.05 means there was a significant influence, students were said to be affected by this because, while they were still less engaged in the learning process in the control class, especially when it came to the opportunity to voice their opinions, they tended to be more engaged in the experimental class when they had the chance to express their opinions and were more confident about the information being conveyed. thus, the brainstorming approach of idea inventorying had an impact on students' learning process abilities.