UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Makna Penamaan Coffee Shop Di Kota Tarakan (Kajian Semantik)

Makna Penamaan Coffee Shop Di Kota Tarakan (Kajian Semantik)

Pengarang : Winda

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan jenis makna dan sebab-sebab yang melatarbelakangi penamaan coffee shop di kota tarakan menggunakan kajian semantik. metode pada penelitian ini adalah metode kualitatif. data dalam penelitian ini berupa nama-nama coffee shop yang ada di kota tarakan. sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari pemilik coffee shop yang ada di kota tarakan. teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik wawancara tak berstruktur diikuti dengan teknik rekam, catat, dan dokumentasi. teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis data model miles dan huberman. dari hasil penelitian ini ditemukan sebanyak 50 data penamaan coffee shop dengan makna dan sebab yang melatarbelakangi penamaan di dalamnya. ditinjau dari jenis maknanya terdapat 4 klasifikasi jenis makna yaitu terdapat 31 data mengandung makna konseptual, 16 data mengandung makna konotatif, 2 data mengandung makna istilah, dan 1 data mengandung makna gramatikal. di tinjau dari sebab-sebab yang melatarbelakangi penamaan terdapat 5 klasifikasi yaitu 4 data tergolong sebab penamaan berdasarkan pembuat, 1 data tergolong tempat asal, 9 data tergolong pemendekan, 2 data tergolong penyebutan bahan, 31 data tergolong keserupaan, dan 3 data tergolong penggunaan bahasa daerah. secara umum, jenis makna yang paling banyak digunakan pada penamaan coffee shop di kota tarakan ialah makna konseptual, sebab-sebab yang melatarbelakangi penamaan yang paling banyak digunakan pada penamaan coffee shop di kota tarakan yaitu berdasarkan keserupaan. dalam penelitian ini juga ditemukan temuan penamaan baru yang tidak ada pada teori sebelumnya. penamaan tersebut yaitu sebab penamaan yang tergolong bahasa daerah meliputi bahasa daerah tidung dan bugis yang di mana bahasa tersebut termaksud dalam mayoritas suku yang ada di kota tarakan. kata kunci: makna, penamaan, coffepe shop, semantik

Abstrak Indonesia

The purpose of the study was to describe the type of meaning and the reasons for naming the coffee shop in tarakan city using semantic studies. the research method was qualitative. the data of the research were the names of coffee shops in tarakan. the data sources of the research were from the owners of the coffee shops in tarakan. the research techniques of data collection were unstructured interview techniques followed by recording, note-taking, and documentation. the data analysis technique of the research used was miles and huberman's model. the results of the research found there were 50 data for coffee shops naming with the meaning and the reasons of naming the coffee shops within them. in terms of the type of meaning, there were 4 classifications of meaning types, namely 31 data containing conceptual meaning of data, 16 data containing connotative meaning, 2 data containing term meaning, and i data containing grammatical meaning. in terms of the reasons of the naming the coffee shop in tarakan, there were 5 classifications, namely 4 data classified as attribute by the author, 1 data classified as belongs to the place of origin, 9 data classified as belongs to abbreviation, 2 data classified as belongs to the reference of materials, 31 data classified as belongs the similarity, and 3 data classified as belongs to the use of local languages. in general, the most- used kind of meaning in coffee shops in tarakan was conceptual meaning, the reasons for the most used naming for coffee shops in tarakan was similarity. this research also found new findings that did not exist in the previous theories of the name, that is because the names belong to the local language including the language of tidung and language of bugis, which is meant by the language of the majority of tribes in tarakan city. keywords: meaning, naming, coffee shop, semantic