UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Strategi Recovery Learning Guru SMP Dalam Mengatasi Learning Loss Pada Mata Pelajaran Matematika

Strategi Recovery Learning Guru SMP Dalam Mengatasi Learning Loss Pada Mata Pelajaran Matematika

Pengarang : Tri Andriyani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Learning loss perlu segera ditangani untuk memulihkan pembelajaran agar dapat berjalan kembali seperti semula. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi recovery learning yang dilakukan guru smp dalam mengatasi learning loss yang terjadi pada mata pelajaran matematika. metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. temuan penelitian diwujudkan dalam bentuk tema-tema yang dihasilkan dari analisis data. berdasarkan tema-tema tersebut diperoleh beberapa strategi yang dilakukan guru untuk membantu siswa mengatasi learning loss yang terjadi pada mata pelajaran matematika. strategi-strategi tersebut, yaitu 1) membantu siswa memperkuat materi dasar, 2) menyesuaikan jam pelajaran, 3) membuat rangkuman materi untuk siswa, dan 4) menciptakan kenyamanan dalam belajar. hasil penelitian merekomendasikan strategi pembelajaran yang dilakukan guru smp dalam mengatasi learning loss yang terjadi pada mata pelajaran matematika agar siswa dapat pulih dari kehilangan belajar akibat pandemi covid-19 dan mampu meningkatkan semangat belajar siswa agar terlahir siswa-siswa yang berprestasi, kompetitif, dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam berkompetisi. kata kunci: learning loss, recovery learning, strategi

Abstrak Indonesia

Learning loss must be immediately rectified in order to restore learning to its previous condition. this research sought to describe the recovery learning strategies used by the junior high school teacher to overcome learning loss that occurred in mathematics subject. the method in this research was qualitative research with a case study approach. the collected data was gathered through themes that were derived from the data analysis. based on these themes, several strategies were utilized by the teacher to help students cope with the learning loss in mathematics. these strategies included (1) helping students strengthen basic materials, (2) adjusting the lesson hour, (3) creating material summaries for students, and (4) making the students feel more comfortable in learning. the findings recommended learning strategies used by the junior hight school teacher to overcome learning loss that occurred in mathematics subject so that the students were able to recover from learning loss due to the covid-19 pandemic and to increase their enthusiasm for learning. this can help students become high achievers and develop a competitive spirit. keywords: learning loss, recovery learning, strategy