
Profil Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Biologi Di Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Nurhikma
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan literasi sains pada aspek kompetensi mahasiswa pendidikan biologi di universitas borneo tarkan. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif angkatan 2019, 2020, 2021 dan 2022. teknik pengampilan sampel menggunakan startified propotional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 165 mahasiswa. kemampuan literasi sains yang diukur menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 14 soal aspek kompetensi yang terdiri dari 7 indikator. hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains pada aspek kompetensi mahasiswa masih tergolong sangat rendah dengan rata-rata nilai persentase sebesar 38,74% dalam kategori sangat kurang. hasil penelitian pada tiap-tiap indikator sebagai berikut: (1) mengidentifikasi pendapat ilmiah yang valid sebesar 40%, (2) melakukan penelusuran literatur yang efektif sebesar 30,90%, (3) memahami elemen-elemen dalam desain penelitian sebesar 42,24%, (4) membuat grafik secara tepat dari data sebesar 31,57%, (5) memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif termasuk statistik dasar sebesar 36,24%, (6) memahami dan menginterpretasikan statistik dasar sebesar 37,57% dan (7) melakukan infrensi, prediksi dan penarikan kesimpulan berdasarkan data kuantitatif sebesar 40,51% dengan kategori semua indikator sangat kurang. kata kunci : literasi sains, aspek kompetensi, mahasiswa, kuantitati
Abstrak Indonesia
This study intended to profile the scientific literacy skills of biology education students, at the universitas borneo tarakan in terms of competency. the quantitative descriptive techniques used in this study. all enrolled participants in this study werw from the classes of 2019, 2020, 2021 and 2022. with a sample size of 165 students, stratified propotional random sampling was employed as the sampling strategy. using a multiple choice test with 14 competency element questions made up of 7 indicators, scientific literacy skills werw assessed. according to the analiysis’s finding students’ competency in scientific literacy was still rated as extremely low, with an average percentage score of 38.74% falling into the very poor group. following were study findings for each indcator: with all indicators, students should be able to: (1) recognize legitimate scientific opinions at 40%, (2) carry out efficient literature searches at 30.90%, (3) comprehend the components of research design at 42.24 %, (4) correctly create graphs from data at 31.57%, (5) solve problems using quantitative skills including basic statistics at 36.24%, (6) understand and interpret basic statistics at 37.57% and (7 ) make inferences, predictions and draw conclusions based on quantitative data at 40.51%. keywords: scienctific literacy, competency aspect, student, quantitative.