UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Web E-Learning Menggunakan LMS CLAROLINE Pada Materi Virus Untuk Kelas X SMAN 3 Tarakan

Pengembangan Web E-Learning Menggunakan LMS CLAROLINE Pada Materi Virus Untuk Kelas X SMAN 3 Tarakan

Pengarang : Nurul Syafaati Irsyad

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini betujuan untuk menghasilkan web e-learning menggunakan learning management system (lms) pada materi virus untuk kelas x sman 3 tarakan dan menghasilkan produk web e-learning yang layak sebagai media pembelajaran. penelitian ini menggunakan model sutopo sampai pada tahap ke lima yaitu testing, menggunakan empat orang validator ahli yaitu ; satu orang validator ahli media, dua orang validator ahli materi, dan satu orang validator praktisi guru biologi. uji coba produk dilakukan di sma negeri 3 tarakan menggunakan kelas x mia-4 sebanyak 34 siswa. hasil validasi ahli media sebesar 90% dengan katagori sangat layak, ahli materi sebesar 83% dengan katagori sangatlayak, praktisi guru biologi sebesar 87% dengan katagori sangat layak, dan hasil angket respon dari siswa uji coba lapangan sebesar 82% dengan katagori sangat baik. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa web e-learning menggunakan lms claroline sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. kata kunci : penelitian dan pengembangan, web e-learning

Abstrak Indonesia

This research was aimed to produce an e-learning website using lms claroline on virus topic for tenth graders at sman 3 tarakan that was suitable for learning media. this research used sutopo model that was limited to the fifth stage, validated by validators; media expert, material experts, and practitioner that was a biology teacher. field trial was conducted at sman 3tarakan using 34 tenth graders mia-4. the results showed that validation from media expert reached 90% with category of very suitable, material experts obtained 83% in category of very suitable, practicy biology teacher obtained 87% with the category of very suitable, and the student questionnaire responses major field trials obtained 82% with category of very good. based on the results, it can be concluded that the elearning website use lms claroline were feasible as a learning media at school. keywords: research and development, e-learning website