UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar dan Rungan Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas V SDN 007 Tanjung Palas Utara

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar dan Rungan Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas V SDN 007 Tanjung Palas Utara

Pengarang : Kusdianto

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Proses kegiatan belajar mengajar mata pelajaran matematika dilaksanakan terhadap siswa kelas v sdn 007 tanjung palas utara. hasil belajar yang diperoleh, siswa kelas v dalam satu kelas tidak memahami dan menguasai terhadap konsep materi pelajaran matematika pada semester ii yaitu sifat-sifat bangun datar lingkaran. siswa kelas v pada kegiatan belajar mengajar- kurang merespon materi pelajaran yang tentu saja berdampak terhadap hasil belajar siswa. berdasarkan hasil tindakan siklus i­i penelitian ulangan harian yang telah dilaksanakan oleh peneliti diperoleh nilai siswa yang tuntas belajarnya hanya ada 3 siswa atau 36,36 % dengan nilai rata­rata hasil belajar 53,63. hasil tindakan siklus i-ii penelitian ulangan harian siswa yang tuntas 8 siswa atau 63,63, sedangkan pada siklus ii-ii siswa mengalami peningkatan tuntas secara klasikal dengan rata-rata hasil belajar 67,72 kkm yang ditentukan pada penelitian ini adalah 65. tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v pada mata pelajaran matematika dengan materi pelajaran sifat-sifat bangun datar lingkaran menggunakan model pembelajaran jigsaw. penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw mampu meningkatkan dan membangkitkan motivasi belajar siswa kelas v sdn 007 tanjung palas utara. meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar dan ruang melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas v sdn 007 tanjung palas utara.

Abstrak Indonesia

Tidak Tersedia Deskripsi