
Indeks Kepuasan Masyaraka Terhadap Pelayanan Publik Di Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Tarakan Barat Kota Tarakan
Pengarang : Henderikus Eman Sigo
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Indeks kepuasan masyarakat adalah data dan informasi tentang tingat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif maupun kualitatif, atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dan membandingkan antara harapan dan kebutuhan. dimana sasaran pengukuran mencakup: penataan sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan, dengan demikian pelayanan dapat dilaksanakan secara lebih berkualitas, berdaya guna dan berhasil guna. penelitian ini dilaksanakan di kantor kelurahan karang anyar kecamatan tarakan, dari bulan oktober 2022 sampai dengan juli tahun 2023. dari hasil penelitian dan pembahasan tentang indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di kelurahan karang anyar kecamatan tarakan barat kota tarakan dapat disimpulkan bahwa pelayanan di kelurahan karang anyar yang telah diberikan oleh aparatur pemerintah sudah berjalan dengan baik dimana dapatdihasilkan indeks kepuasan masyarakat dilihat dari 9 indikator sesuai kepmenpan nomor 14 tahun 2017 dengan nilai setelah dikonverensi 76,61 - 88,30 dengan mutu pelayanan “b” yang dapat dikategorikan baik. kata kunci: indeks kepuasan masyarakat, pelayanan publik.
Abstrak Indonesia
The community satisfaction index is data and information about the level of community satisfaction obtained from quantitative and qualitative measurement results, on the opinion of the community in obtaining services from public service providers and comparing expectations and needs. where the measurement targets include: structuring systems, mechanisms, and service procedures, so that services can be held in a more quality, efficient and effective. this research was conducted at the karang anyar west tarakan district, from october 2022 to july 2023. from the results of research and discussion on the community satisfaction index for public services in karang anyar village, west tarakan district, tarakan city, it can be concluded that services in karang anyar village that have been provided by government officials have been going well as community satisfaction index can be produced as seen from 9 indicators according to kepmenpan number 14 of 2017 with a value after being converted 76.61 88.30 with service quality "b" which can be categorized as good. keywords: community satisfaction index, public service.