
Penggunaan Variasi Bahasa Dalam Media Sosial Instagram (Kajian Sosiolinguistik)
Pengarang : Christover Lee Parengkuan
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini berjudul penggunaan variasi bahasa dalam media sosial instagram (kajian sosiolinguistik). tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan variasi bahasa yang digunakan dalam media sosial instagram. tempat atau wadah penelitian dilakukan pada media sosial instagram. data dikumpulkan dengan cara observasi dan dokumentasi. objek penelitian ini adalah postingan pengguna akun instagram yang difollow dan yang memfollow peneliti saja dalam kurun waktu 1 november sampai dengan 30 november 2022. variasi bahasa yang diteliti berjumlah lima yaitu menurut martin joos dalam (chaer dan agustina,2010:70) variasi dari segi keformalan ada ragam beku, ragam formal, ragam usaha, ragam santai dan ragam akrab. teknik analisis data dilakukan dengan cara metode kualitatif deskriptif berupa kata-kata tertulis. hasil dari penelitian ini memperoleh data ragam santai berjumlah 243 data, ragam formal 54 data, ragam akrab 28 data, ragam beku 43 data dan ragam usaha 31 data. dapat disimpulkan media sosial instagram cukup berpengaruh bagi kehidupan sosial masyarakat dan sudah membudaya pada keseharian lingkup indonesia. tuturan maupun ragam bahasa yang digunakan pada media sosial instagram cukup beragam tetapi yang cukup sering digunakan oleh para pengguna instagram merupakan ragam santai atau kasual, hal ini dikarenakan kosa kata dalam ragam santai sangat tepat apabila digunakan dalam lingkungan media sosial instagram dengan ciri tidak terlalu baku maupun formal dan juga tidak terkesan terlalu akrab. sehingga apabila terjadi interaksi antara orang baru tidak akan timbul rasa canggung dengan menggunakan ragam santai ini. kata kunci: variasi bahasa, media sosial instagram, kajian sosiolinguisitk
Abstrak Indonesia
This study aimed to identify the language nuances used in instagram social media. instagram is the platform or location where the research is carried out. data is gathered using documentation and observation. the object of this study was posted on instagram accounts who were followed and who only followed the researcher from november 1 to november 30, 2022. there were five language variations studied, according to martin joos (chaer & agustina, 2010, p. 70), variations in terms of formality. there are frozen variations, formal variations, business variations, casual variations, and intimate variations. data analysis techniques were carried out using descriptive qualitative methods in written words. this study obtained 243 data for casual variety, 54 for formal variety, 28 for intimate variety, 43 for frozen variety, and 31 for business variety. it can be concluded that instagram social media is quite influential in people's social life and has become entrenched in the daily life of indonesia. the speech and variety of languages used on instagram social media are quite diverse, but what instagram users use is relaxed or casual. formal and also seems to be more familiar. in conclusion, there is an interaction among new people, there will be no feeling of awkwardness using this relaxed style. keywords: language variation, instagram social media, sociolinguistic studies