
Pengembangan Buku Literasi Berbasis Kebudayaan Tidung Kalimantan Utara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Ulfatun Nisa
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Literasi dalam pembelajaran bahasa indonesia merupakan suatu kegiatan pengembangan dari gerakan literasi sekolah dan proyek literasi dalam pembelajaran bahasa indonesia. pada kegiatan literasi dalam pembelajaran bahasa indonesia media atau bahan literasi yang digunakan kurang tepat dengan literasi dalam pembelajaran bahasa indonesia, sehingga kegiatan belum berjalan maksimal. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk buku literasi berbasis kebudayaan tidung kalimantan utara dalam pembelajaran bahasa indonesia di smp negeri 2 tarakan dan menghasilkan produk buku literasi berbasis kebudayaan tidung kalimantan utara dalam pembelajaran bahasa indonesia yang efektif dari aspek kelayakan dan keefektifan. penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dari model borg and gall. berdasarkan model tersebut prosedur penelitian melalui 10 langkah kemudian dimodifikasi oleh setyosari (2013) sehingga penelitian ini terdapat 7 tahapan prosedur yaitu (1) penelitian & pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk akhir. uji produk dilakukan dengan melibatkan (1) validator pengembangan buku, (2) uji praktisi melibatkan guru bahasa indonesia, (3) uji lapangan melibatkan siswa kelas vii dalam pembelajaran bahasa indonesia smp negeri 2 tarakan, instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar pedoman wawancara guru, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli bahasa, angket validasi ahli desain, angket respon guru, angket respon siswa. hasil penelitian dari validasi penyajian buku literasi melalui angket oleh pakar materi mendapat 95%, dari pakar bahasa mencapai 80%, dan pakar desain mencapai 95%. hasil angket tanggapan dari guru terhadap buku literasi berbasis kebudayaan tidung kaltara dalam pembelajaran bahasa indonesia sebesar 90% dan tanggapan siswa sebesar 97%. uji coba produk yang dikembangkan dilaksanakan di smp negeri 2 tarakan. hasil penelitian pengembangan ini adalah buku literasi berbasis kebudayaan tidung kaltara yang dikembangkan menunjukkan bahwa produk tergolong layak dan dapat diimplementasikan untuk kegiatan literasi dalam pembelajaran bahasa indonesia di smp negeri 2 tarakan.
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi