UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas IX-B SMP Negeri 5 Tanjung Selor

Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas IX-B SMP Negeri 5 Tanjung Selor

Pengarang : Nurliza

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) siswa kelas ix-b smp negeri 5 tanjung selor. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian dilaksanakan pada tanggal 20 maret 2023 – 03 april 2023 di smp negeri 5 tanjung selor. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi minat belajar, angket minat belajar siswa dan tes hasil belajar matematika siswa. teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data aktivitas guru, aktivitas siswa, minat belajar siswa, dan hasil belajar matematika siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 2 kali pertemuan pada setiap siklus. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada siklus i sebesar 54% siswa berada pada kategori minimal cukup dan pada siklus ii mengalami peningkatan menjadi 92% siswa berada pada pada minimal kategori sangat baik. sedangkan hasil belajar matematika siswa pada siklus i sebesar 38% siswa berada pada minimal kategori cukup dan pada siklus ii mengalami peningkatan menjadi 71% siswa berada pada minimal kategori baik. berdasarakan penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar matematika siswa pada kelas ix-b smp negeri 5 tanjung selor. kata kunci: minat belajar, hasil belajar matematika, contextual teaching and learning (ctl)

Abstrak Indonesia

This research aims to improve students' interest in learning and learning outcomes in mathematics through the contextual teaching and learning (ctl) model for students in class ix-b smp negeri 5 tanjung selor. this type of research was classroom action research (ptk). the research was conducted on 20 march to 3 april 2023 at smp negeri 5 tanjung selor. data collection techniques were used to learn observation sheets, questionnaires, and mathematics learning outcomes tests. data analysis techniques included teacher and student activity and students' interest and mathematics learning outcomes. this research was conducted in two cycles, which consisted of two meetings for each cycle. the results showed that student's interest in learning in the first cycle i, 54% of students in the minimum standard good category, and in the second cycle ii, it increased to 92% of students in the minimum very good category. meanwhile, students' mathematics learning outcomes in cycle i were 38%, and in cycle ii, it increased to 71% of students in the minimum good category. based on the research result, it can be revealed that using the contextual teaching and learning (ctl) learning model can increase students' interest in learning and mathematics learning outcomes in class ix-b smp negeri 5 tanjung selor. keywords: learning interest, maths learning outcomes, contextual teaching and learning (ctl) model