UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tematik (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia) Di Kelas I SDN 006 Sesayap Kabupaten Tana Tidung

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tematik (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia) Di Kelas I SDN 006 Sesayap Kabupaten Tana Tidung

Pengarang : Yumeng Yunggin

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tematik (ipa, matematika dan bahasa indonesia) di kelas i sdn 006 sesayap kabupaten tana tidung. penelitian ini memakai model penelitian tindakan kelas (ptk) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. penelitian dilaksanakan dua siklus. hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus i nilai rata-rata adalah 63.3 dan pada siklus ii sebesar 81.3. sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 93.3% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa kelas i sdn 006 sesayap tahun 2011/2012 meningkat dengan menggunakan model pembelajaran tematik. kata kunci: model pembelajaran tematik (ipa, matematika dan bahasa indonesia), hasil belajar siswa

Abstrak Indonesia

The research design of this research used classroom action research (car). the objective of this research was to improve the students’ achievement through thematic (natural science, bahasa indonesia and art culture) learning model at first grade students of sd negeri 006 sesayap. the research was done also to improve the teaching and learning quality. this research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. the research instruments were observation sheet and cognitive test. based on the result of study in first cycle the students’ score was 63.3 and the second cycle was 81.3 and its classical percentage was 93.3%. it indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by using thematic (natural science, bahasa indonesia and art culture) learning model. by understanding the result of this study, it can be concluded that thematic (natural science, bahasa indonesia and art culture) learning model can improve the students’ achievement at first grade students of sd negeri 006 sesayap. keywords: thematic (natural science, bahasa indonesia and art culture) learning model, students’ achievement