UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Perubahan Lingkungan Menggunakan Media Pembelajaran TIK Di Kelas IV SDN 003 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Perubahan Lingkungan Menggunakan Media Pembelajaran TIK Di Kelas IV SDN 003 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung

Pengarang : Syapri

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini dilaksanakan untuk memecahkan masalah yaitu: apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran biologi melalui media tik tentang perubahan lingkungan serta memberikan informasi baru kepada guru-guru lain. penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif dengan 2 siklus. subjek penelitian initerdiri dari 9 siswa kelas iv sdn 003 sesayap hilir. mengambil data melalui tes hasil belajar, observasi lembar pengamatan aktivitas siswa dan guru.setelahitu data akan dianalisis dengan menggunakan teknik presentase untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran biologi menggunakan media tik dapat meningkatkan prestasi siswa. berdasarkan hasil observasi pada siklus i menunjukkan bahwa siswa tidak focus dalam proses belajar, focus siswa hanya mencapai 65%. sedangkan hasil observasi pada siklus ii menunjukkan bahwa ada peningkatan pada siswadalam proses belajar, focus siswamencapai 79%. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada peningkatan dalam prestasi siswa pada siklus i tetapi ada peningkatan dalam prestasi siswa mencapai 100% padasiklus ii. dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan dalam presta si siswa dengan menggunakan media tik pada siswa kelas iv sdn 003 sesayap hilir. kata kunci: hasil belajar siswa, media tik

Abstrak Indonesia

The research design of this research used classroom action research (car). the objective of this research was to improve the student’s achievement on biology about changed of environment through media tik at the fourth year students of sdn 003 sesayap hilir kabupaten tana tidung. based on the observation result in the first cycle the students were not focus in learning process, students focus only 65%. while, the observation result in the second cycle the students focus reached 79%. by understanding the result of this study, it can be concluded that the using of media tik can improve the student’s achievement on biology about changed of environment through media tik at the fourth year students of sdn 003 sesayap hilir kabupaten tana tidung. keywords: students’ achievement, media tik