UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I B Pada Pembelajaran Tematik (PKN, IPS Dan IPA) Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Di SDN 012 Tanjung Selor

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I B Pada Pembelajaran Tematik (PKN, IPS Dan IPA) Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Di SDN 012 Tanjung Selor

Pengarang : Syamsiah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Pembelajaran tematik merupakan salah satu model dalam pebelajaran terpadu (integrated instruction) yang merupakan suatu sistem pebelajaran yang memungkinkan siswa secara individual maupun kelompok aktif menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan autentik. pebelajaran tematik memiliki posisi dan potensi yang sangat strategis dalam keberhasilan proses pendidikan di sekolah dasar. salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk menunjang hasil belajar siswa adalah menggunakan picture and picture. penelitian ini memakai model penelitian tindakan kelas (ptk) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. penelitian dilaksanakan dua siklus. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas i b sdn 012 tanjung selor. hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus i nilai rata-rata adalah 64.7 dan pada siklus ii sebesar 78.7. sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 86.7% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa kelas i b sdn 012 tanjung selor tahun 2011/2012 meningkat dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. kata kunci: hasil belajar dan model pembelajaran picture and picture

Abstrak Indonesia

Thematic learning is one of the models in the integrated learning is a learning system that allows individual students and groups actively dug and found the concept and the principles of holistic science, meaningful and authentic. thematic learning and position strategic potential in the success of the process of education in the elementary school. one method of learning that can be used to support student learning results is to use the picture and picture. this research use the model class action research (ptk), namely variety research class, which is implemented by teachers, to improve the quality and learning outcomes. the design of this research consist of planning, implementation, observation and reflection. the research was carried out in two cycles. this research aims to improve the learning outcomes of students in class 1 b sdn 012 tanjung selor. the results of the analysis of this data it can be concluded that the result of the student learning are on the increase of cycle i the average rating is 64.7 and cycle ii amounted to 78.7. while the completely in classical reached 86.7 %. so obtained the conclusion that student learning outcome class 1b sdn 012 tanjung selor in 2011/2012 is increased with the use of learning model picture and picture.