
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tematik (IPA, Matematika, SBK) Di Kelas II A SDN 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung
Pengarang : Sumiati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa menggunakan model pembelajaran tematik pada siswa kelas ii.a sdn 009 sesayap kecamatan sesayap kabupaten tana tidung. secara khusus penelitian ini bertujuan: (1). mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui pembelajaran tematik; (2). mengetahui apakah melalui pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas ii.a. penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahapan, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. empat tahapan tersebut membentuk siklus. penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes hasil belajar, dan lembar observasi. teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaksi, yaitu keterkaitan antara tiga komponen antara lain: pengumpulan data/reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan: pertama, pelaksanaan pembelajaran ipa melalui pembelajaran tematik di kelas ii.a sdn 009 sesayap kecamatan sesayap kabupaten tana tidung dapat berjalan efektif, tujuan indikator dapat tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran tematik. kedua, penerapan metode pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas ii.a sdn 009 sesayap kecamatan sesayap kabupaten tana tidung. hal ini dilihat dengan persentase siswa yang mendapat nilai terus meningkat dari siklus i sampai siklus ii. pada siklus i nilai rata-rata siwa adalah 62.7. pada siklus ii nilai rata-rata kelas adalah 84.4. rekomendasi peneliti bahwa melalui pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas ii.a sdn 009 sesayap kecamatan sesayap kabupaten tana tidung tahun pelajaran 2011/2012. kata kunci: hasil belajar, model tematik, penelitian tindakan kelas
Abstrak Indonesia
The purpose of this research is to improve science learning outcomes using the model of thematic learning in class ii.a sdn 009 sesayap tana sub sesayap tidung. in particular, this study aims to: (1). describe the implementation of learning through thematic learning, (2). knowing whether through thematic learning can improve student learning outcomes science classroom ii.a. this study uses classroom action research that contains lines of inquiry includes four stages, starting from planning, action, observation and reflection. the four stages of a cycle. this study took place in two cycles. data collection techniques in this study is documentation, test learning outcomes, and the observation sheet. the data analysis technique used is the interaction analysis model, the relationship between the three components are: data collection/data reducation, data presentation and conclusion/verification. the results of this class action can disimpulkan: first, the implementation of science learning through thematic learning in class ii.a elementary school district 009 sesayap, sesayap tana tidung be effective, objective indicators can be achieved in accordance with the purpose of learning by implementing thematic learning. second, the implementation of thematic learning methods to improve science learning outcomes ii.a grade students of sdn 009 sesayap tana sub sesayap tidung. this is seen by the percentage of students who score increased from cycle i to cycle ii. in the first cycle the average value is 62.7 students. in the second cycle the average grade was 84.4. recommendations researchers that through learning can improve student learning outcomes ii.a class sdn 009 sesayap tana sub sesayap tidung school year 2011/2012. keywords: improving students learning, thematic learning model, classroom action research