UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Pendekatan Bermain Pada Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Gantung Di Kelas V SDN 009 Sesayap

Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Pendekatan Bermain Pada Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Gantung Di Kelas V SDN 009 Sesayap

Pengarang : Sulkani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Pembelajaran penjasorkes pada dasarnya merupakan ilmu yang lahir dan berkembang melalui langkah-langkah gerak dasar, melakukan latihan, serta penemuan teori dan konsep. salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menunjang hasil belajar siswa adalah menggunakan media pendekatan bermain. media pendekatan bermain adalah alat bantu dalam proses belajar mengajar yang menarik sehingga dapat memudahkan guru dalam penyampaian materi yang diajarkan. penelitian ini memakai model penelitian tindakan kelas (ptk) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, praktik dan refleksi. penelitian dilaksanakan dua siklus. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode pendekatan bermain pada pembelajaran lompat jauh gaya gantung di kelas v sdn 009 sesayap tahun pembelajaran 2011/2012. hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus i nilai rata-rata adalah 6.31 dan pada siklus ii sebesar 7,75 sehingga diperoleh kesimpulan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam permainan lompat jauh gaya gantung menggunakan metode pendekatan bermain pada siswa kelas v dapat digunakan sebagai salah satu alternative dalam pelajaran penjasorkes.

Abstrak Indonesia

Penjasorkes learning basically is a knowledge which born and develop by step basic moving, doing exercises, as well as theory finding and concept. one of the teaching and learning student’s results is by using games approach method in long jump hanging style. games approach method is a tool within teaching and learning process which interest so can make easier within conveying the material in teaching process. this research is using classroom action research that is kind of classroom research, which one doing by teacher to solve the teaching and learning problem who face by teacher, to fix the quality and learning result. the design of this research consists of planning, implementation, practice, and reflection. this research implemented by two cycles. the purposed of this research to improve student’s achievement by using games approach in long jump hanging style in grade v of sdn 009 sesayap. the analysis data result can conclude that student’s learning result get improvement from the first cycle with average score 6.31 and at second cycle with average score 7.75. so, we can conclude that there are improvement in student’s learning result in penjasorkes by using games approach method for the fifth grade students can be using as one of alternative in teaching and learning penjasorkes.