UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menyimak Berita Dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Berita Di Kelas VIII-E SMP Negeri 6 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Menyimak Berita Dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Berita Di Kelas VIII-E SMP Negeri 6 Tarakan

Pengarang : Sonia Bidara

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada materi menemukan pokok-pokok berita melalui model pembelajaran two stay two stray kelas viii-e smpn 6 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. objek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas viii-e smpn 6 tarakan yang berjumlah 31 siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setiap siklus. pada siklus i mencapai 41,93% dan mengalami peningkatan di siklus ii sehingga menjadi 80,64%. pada ranah afektif siklus i memperoleh persentase atau ketuntasan sebesar 48,38 %meningkat di siklus ii menjadi 87,09%. ranah psikomotorik juga mengalami peningkatan di setiap siklus, pada siklus i memperoleh persentase ketuntasan 61,29% meningkat di siklus ii menjadi 90,32%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia pada materi menemukan pokok-pokok berita pada siswa kelas viii-e smpn 6 tarakan serta meningkatkan rasa percaya diri siswa, tanggung jawab, dan mampu bekerja sama dengan orang lain.

Abstrak Indonesia

Tidak Tersedia Deskripsi