
Persepsi Siswa SMP Negeri 11 Tarakan Terhadap Pemanfaatan Etnomatematika Ukiran Toraja Dalam Pembelajaran Matematika
Pengarang : Selma
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa smp negeri 11 tarakan terhadap pemanfaatan etnomatematika ukiran toraja dalam pembelajaran matematika. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi dan wawancara. subjek pada penelitian ini adalah siswa smp negeri 11 tarakan berjumlah 9 orang. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etnomatematika ukiran toraja dapat membantu proses pembelajaran, karakteristik ukiran toraja dapat memotivasi siswa dalam belajar, dan membuat materi pelajaran lebih mudah dipahami. ukiran toraja dapat membantu proses pembelajaran karena dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. adapun karakteristik yang dimiliki ukiran toraja seperti warna yang mencolok, bentuk unik, sehingga memberikan kesan yang menarik perhatian siswa sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar. selanjutnya etnomatematika ukiran toraja dapat membuat materi pelajaran lebih mudah dipahami. hal ini karena penggunaan etnomatematika dalam pembelajaran membuat pelajaran membekas dalam ingatan sehingga materi yang dipelajari menggunakan ukiran toraja tidak mudah dilupakan dan dapat membantu mengingat materi pelajaran. kata kunci: etnomatematika, persepsi, ukiran toraja, tarakan
Abstrak Indonesia
This study aims to analyze the students' perceptions of the use of ethnomathematics of toraja carvings in mathematics learning at smp negeri 11 tarakan. this type of research was qualitative research with a phenomenological approach data collection in this study was carried out through observation and interviews. the subjects of the present study were 9 students of smp negeri 11 tarakan. the results of this study showed that the ethnomathematics of toraja carvings was able to help the learning process, the characteristics of toraja carvings could motivate students in learning, and made the learning material easier to understand. toraja carving could help the learning process because it was able to be used as a tool in the learning process. the characteristics of toraja carvings such as striking colors, unique shapes gave the impression that attracted students' attention so that it could motivate them in learning furthermore, the ethnomathematics of toraja carving could make the learning material easier to understand. this was because the use of ethnomathematics in learning made the lesson imprinted in the memory so that the material learned using toraja carvings was not easily forgotten and could help remember the learning material. keywords: ethnomathematics, perception, toraja carving, tarakan