UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Tarakan

Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Yuliana Ukai

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas viii smp negeri 10 tarakan sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 105 siswa. teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode sample jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan menjadi sampel yaitu sebanyak 105 siswa. instrumen dan teknik pengumpulan data yaitu mengunakan teknik non-test berupa penyebaran angket minat belajar yang telah diadopsi dari penelitian sebelumnya dan dokumen penilaian tengah semester (pts) semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang digunakan sebagai data hasil belajar. hasil dari analisis deskriptif diperoleh bahwa rata-rata minat belajar sebesar 62,78 berada pada kategori sedang, dan hasil belajar sebesar 56,62 berada pada kategori kurang. hasil dari analisis inferensial dibagi menjadi 2 yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis, untuk uji asumsi prasyarat (uji normalitas, uji linieritas dan uji autokorelasi) semuanya memenuhi kriteria. sementara pada uji hipotesis menggunakan uji anova pada regresi. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar dengan nilai signifikan 0,784>0,05 dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar. kata kunci: minat belajar, hasil belajar matematika

Abstrak Indonesia

The purpose of the research was to determine the effect of learning interest on learning results. the type of the research was quantitative research with a survey method. the population of the research were the eighth-grade students of smp negeri 10 tarakan. there were 4 classes with a total of 105 students. the sampling technique used was total sampling, in which all members of the population were used as samples, namely 105 students. the research instruments used were questionnaires and documentations. the data collection technique used was a non-test technique, namely the distribution of learning interest questionnaires that have been adopted by previous studies and midterm test (pts) documents even semester of the 2022/2023 academic year, which was used as the data for learning results. the results of the descriptive analysis showed that the average learning interest of 62.78 was in the moderate category, and the learning result of 56.62 was in the low category. the results of the inferential analysis were divided into 2, namely the prerequisite test and hypothesis test, for the prerequisite assumption test (normality test, linearity test and autocorrelation test) all meet the criteria. while the hypothesis test used was the anova test on regression. the results of the research indicated that there was no effect between the learning interest on learning results with a significant value of 0.784>0.05. it concluded that there was no influence between learning interest on learning results. keywords: learning interest, learning results of mathematics