UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V-A Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di SDN 008 Tanjung Palas Utara

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V-A Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di SDN 008 Tanjung Palas Utara

Pengarang : Sudrajat

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian untuk meningkatkan sejauh mana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe stad pada siswa kelas v a sdn 008 tanjung palas utara untuk meningkatkan hasil belajar dalam memahami konsep menentukan jaring-jaring bangun ruang sederhana. jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian dilaksanakan selama 22 hari, mulai tanggal 23 april sampai dengan 14 mei 2012. subyek penelitian adalah siswa kelas v a sdn 008 tanjung palas utara dengan jumlah siswa sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu melalui lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan nilai hasil belajar siswa. model pembelajaran berfungsi sebagai cara untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif, kreatif dan menyenagkan, siswa lebih cepat menangkap tujuan dan bahan ajar, meningkatkan kualitas proses pembelajaran. hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas v a sdn 008 tanjung palas utara . akhir siklus ii terdapat 87,59% atau sebanyak 14 siswa yang nilainya di atas 65 (di atas kkm).

Abstrak Indonesia

This research aimed at improving the students’ mathematics learning achievement at class v-a on geometrical properties material using cooperative learning model type stad at sdn 008 tanjung palas utara. this research employed classroom action research (car) which was conducted in 22 days, from april 23rd until may 14th, 2012. the subject of this study was the students of class v-a of sdn 008 tanjung palas utara in which there were 16 students consisting of 8 boys and 8 girls. to obtain the data, the researcher used three kinds of instruments, namely: achievement test, observation sheet for teacher activity, and the observation sheet for students activity. then the data were analyzed descriptive quantatitively and qualitatively. learning model served as a way to create effective learning situations, fun and creative, more students quickly grasp the purpose and teaching materials, improving the quality of the learning process. the results showed that the use of type stad cooperative learning model to improve student learning outcomes classroom va sdn tanjung palas 008 north. end of cycle ii are 87.59% or as many as 14 students a value above 65 (above kkm).