UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Tema Pertanian Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Di SDN 009 Tanjung Palas

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Tema Pertanian Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Di SDN 009 Tanjung Palas

Pengarang : Siti Zaimah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 01- 29 mei 2012 dengan 4 kali pertemuan dalam 2 siklus. subyek penelitian adalah siswa kelas iii sd negeri 009 tanjung palas yang berjumlah 17 siswa. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, pada siklus i diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa untuk setiap mata pelajaran adalah sbb: untuk pelajaran pkn 66,47, ipa 68,23 dan ips 68,82. pada siklus ii diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 73,52 untuk pkn, 77,05 untuk ipa dan 75,88 ips dengan peningkatan nilai siklus 1 ke siklus 2 sebesar 11,05 point untuk pkn, 8,28 untuk ipa dan 8,13 untuk ips. hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas iii sd negeri 009 tg.palas tahun pelajaran 2011/2012.

Abstrak Indonesia

This is a classroom action research performed on two cycles, in which each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. the data obtain in this research were the students achievement taken by giving tests at the final cycle, and students’ activities on learning process taken from the observation sheet. this research was applied on may 1st to 29nd 2012 with four times meeting on two cycles. the subject of the research was the third grade students of sd negeri 009 tanjung palas which consisted of 17 students. based on the research performed, on the cycle i was obtained the average score of the students for all the subjects such as pkn 66,47, ipa 68,23 and ips 68,82. on cycle ii was obtained the average score of the students’ achievement pkn 73,52 ipa 77,05 ips 75,88 with the increasing score from cycle i to cycle ii was 11,05 for pkn, 8,28 for ipa, and 8,13 for ips. the result of the research showed that there was an increase of study made by the third grade students of sd negeri 009 tg. palas in academic year 2011/2012 by using the picture and picture teaching method.