
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Konsep Bentuk-Bentuk Dan Fungsi Rangka Manusia Dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab Dan Media Pembelajaran Animasi Berbasis TIK Di SDN 012 Sesayap
Pengarang : Siti Mardiana
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv pada konsep bentuk-bentuk dan fungsi rangka manusia dengan menggunakan metode tanya jawab dan media pembelajaran animasi berbasis tik di sdn 012 sesayap. penelitian ini memakai model penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan untuk meningkatkan hasil pembelajaran. desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. penelitian dilaksanakan dua siklus. kesimpulan hasil analisis data belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus i nilai rata-rata adalah 63,75 dan pada siklus ii sebesar 85. sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 100% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa kelas iv sdn 012 sesayap meningkat dengan menggunakan metode tanya jawab dan media pembelajaran animasi berbasis tik. kata kunci: metode tanya jawab dan media pembelajaran animasi berbasis tik, hasil belajar siswa
Abstrak Indonesia
The research design of this research used classroom action research (car). the objective of this research was to improve the students’ achievement on concept of shape and function of the skeleton through the question and answer and ict – based learning media animation at fourth grade students of sd negeri 012 sesayap. the research was done also to improve the teaching and learning quality. this research was done into some steps : planning, implementing, observing and reflecting. the research instruments were observation sheet and cognitive test. based on the result of study in first cycle the students’ score was 63,75 and the second cycle was 85 and its classical percentage was 100%. it indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by using ict – based learning media animation. by understanding the result of this study, it can be concluded that ict – based learning media animation can improve the students’ achievement on concept of shape and function of the skeleton at fourth grade students of sd negeri 012 sesayap. keywords: the question and answer and ict–based learning media animation, students’ achievement