UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tematik (IPA, Bahasa Indonesia, SBK) Di Kelas III SDN 002 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tematik (IPA, Bahasa Indonesia, SBK) Di Kelas III SDN 002 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung

Pengarang : Sabri

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tematik (ipa,bahasa indonesia,sbk) sesayap hilir kabupaten tanah tidung. serta memberikan impormasi tambahan kepada guru lain. penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatip dengan 2 siklus. subjek penelitian adalah siswa kelas iii sdn. 002 sesayap hilir yang berjumlah 10 siswa. data dikumpul melalui tes hasil belajar,observasi lembar pengamatan aktivitas siswa. data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan dari pelaksanaan siklus ptk dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentase dan rata-rata untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif,dengan populasi sekaligus sempel siswa kelas iii sdn. 002 sesayap hilir kabupaten tanah tidung yang memiliki nilai tidak tuntas rata- rata dibawah nilai kkm 6,5 sebanyak 4 siswa. hasil penelitian menunjukan penggunaan model pembelajaran tematik (ipa,bahasa indonesia,sbk) pada mata pelajaran matematika khususnya kelas iii sdn. 002 sesayap hilir dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan keaktifan siswa dan membantu guru dalam merangcang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran. kata kunci: model pembelajaran tematik, hasil belajar siswa

Abstrak Indonesia

The research design of this research used classroom action research (car). the objective of this research was to improve the students’ achievement through thematic learning model (natural science, indonesian, sbk) at third grade students of sdn. 002 sesayap hilir tahun pembelajaran 2011/2012. the research subject were 10 students. the data was taken through test and observation sheet. the data was analyzed by using simple percentages to know the increasing of students’ achievement gained by the students. by understanding the result of this study, it can be concluded that the thematic learning model can improve the students’ achievement through at third grade students of sdn.002 sesayap hilir tahun pembelajaran 2011/2012. keywords: thematic learning model, students’ achievement