UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika (Pecahan) Menggunakan Alat Peraga Pecahan Di Kelas IV SDN 009 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika (Pecahan) Menggunakan Alat Peraga Pecahan Di Kelas IV SDN 009 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung

Pengarang : Rusmawati

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian bertujuan untuk mengetahui penggunaan alat peraga dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv sdn 009 sesayap hilir tahun pembelajaran 2011/2012. jumlah siswa dalam penelitian ini ada 12 siswa. siswa laki-laki berjumlah 7 orang dan siswa perempuan berjumlah 6 siswa.penelitian dilaksanakan dua siklus. siklus i dan siklus ii masing-masing dilaksanakan sebanyak satu kali pertemuan dan satu kali tes hasil belajar. dalam penelitian ini menggunakan metode ceramah, demostrasi,tanya jawab, tanya jawab dan pemberian tugas, sedangkan alat peraga yang digunakan adalah blok pecahan. tekhnik pengumpulan data berupa lembat observasi untuk mengukur tingkat aktivitas siswa. tas hasil belajar dilaksanakan setiak akhir siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. soal tes hasil belajar pada setiap siklus berbentuk uji tes. nilai hasil belajar diperoleh dengan menganalisis data berupa nilai tes hasil belajar setiap siklus. hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus i nilai rata-rata adalah 78 dan pada siklus ii sebesar 83. sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 91%. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan melakukan refleksi. sedang subjek penelitiannya adalah siswa kelas iv sdn 009 sesayap hilir. berdasarkan hasil penelitan ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika melalui alat peraga pada siswa kelas iv sdn 009 sesayap hilir pokok bahasan pecahan mengalami peningkatan.

Abstrak Indonesia

The purpose of this research found out the using of learning aids in learning can improve the students learning in class iv sdn 009 sesayap hilir in the 2010/2011. the students included in 12 students. the boys concicted of 7 students and the girl consisted of 6 students. the research was performed in two cycles. the first cycle and the second cycle were performed for once meeting and once test learning. technic of collecting data used observation sheet to measure the students activity. the learning test was performed in each last cycle to find out the improvement of students learning in each cycle. the questions of learning test in each cycle was test examination. the grade of the result learning was acquuired with analyzing data in the grade of the result learning each cycle. the students learning was improvement from the first cycle with the average value 78 and the second cycle was 83. while the classic completeness was 91 %. the teachers’ activity in the firs class was graded in sufficient, the second cycle was graded with good. based on the research result, could be concluded that the result learning of mathematic through learning aids in the students of class iv sdn 009 sesayap hilir in the main item of introducing fraction was improvement.