
Meningkatkan Prestasi Belajar Bulutangkis Dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Team Games Tournament Bagi Siswa Kelas VI SDN 008 Sesayap Tahun Pembelajaran 2011/2012
Pengarang : Roby Suharyanto
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Pelajaran pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang cukup menarik bagi banyak siswa di sekolah. namun demikian masih ditemukan teknik-teknik gerakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang kurang dikuasai oleh siswa, hal ini berdampak buruk pada hasil belajar siswa. kondisi ini terbukti ketika peneliti mengajarkan bulutangkis di sdn 008 sesayap kelas vi semester ii pada tahun pelajaran 2010-2011 masih ditemukan beberapa siswa yang tidak tuntas. dari 8 siswa sdn 008 sesayap kelas vi terdiri dari 4 orang siswa perempuan dan 4 orang siswa laki-laki dengan hasil pembelajaran sebagai berikut: siswa yang tuntas sebanyak 3 orang dengan persentase 37.5 % sedangkan yang belum tuntas sebanyak 5 orang dengan persentase 62.5 % dengan kkm = 70. menurut peneliti hal ini terjadi karena beberapa sebab salah satunya adalah: proses pembelajaran yang membosankan bagi siswa karena cara dan media yang digunakan guru monoton, sehingga banyak siswa yang perhatiannya tidak konsentrasi penuh pada pelajaran. dalam mengatasi masalah diatas peneliti menggunakan metode pendekatan kooperatif tipe team games tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa. penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. subyek penelitian adalah siswa kelas vi di sd negeri 008 sesayap yang berjumlah 8 orang yang terdiri dari 4 laki – laki dan 4 orang perempuan. berdasarkan hasil rekapitulasi antara siklus setelah melalui pelaksanaan pendekatan team games tournament dalam pembelajaran bulutangkis pada siklus kedua menunjukan bahwa kemampuan bermain bulutangkis siswa kelas vi di sdn 008 sesayap mengalami peningkatan. hal tersebut ditunjukan dari nilai rata-rata siswa setelah adanya pendekatan tgt pada siklus pertama diperoleh nilai 66.37 kemudian pada siklus kedua diperoleh nilai 84.79 dimana sebelumnya siswa hanya memperoleh nilai 69.33. ini berarti terjadi peningkatan yang sangat baik. hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar bulutangkis melalui pendekatan kooperatif tipe tgt pada siswa kelas vi di sdn 008 sesayap.
Abstrak Indonesia
Sport education subject is one of interesting enough lesson for the learning at school. but it is invented movement techniques in the sport education learning it is less mastered by student, it has bad effect to the result of the student’s learning. this condition is proved when researcher taught badminton at the 6th class sdn 008 sesayap semester ii in learning 2010-2011 it was still invented a few students who were not passed. from 8 students at the 6th class sdn 008 sesayap they were consisted of 4 boys and 4 girls with the learning result: 3 students were passed with percentage 37,5 % and 5 students were not passed yet or with percentage 62,5 % with kkm=70. according to researcher it has happened because there were a few problems, one of the problems is dragging. learning process for the student, because of the method and median which are used by teacher they are monotone, so many students do not seriously follow the lesson enough. to content problems above, the researcher use approach method of cooperative type team games tournament to improve the result of student learning, the research is research of class action with subject is 8 students at the 6th class sdn 008 sesayap they were consisted of 4 boys and 4 girls. based on the recapitulation between circle approach implementation of team games tournament in the badminton learning at the second circle show that capability to play badminton the 6th class student at sdn 008 sesayap get improvement. it showed from the mean score after getting approach tgt at the first circle get score 66.37 then at the second circle get score 84.79 where the student got score 69.33 yet. it means that there is very good improvement. the research result concluding that there is result of the badminton learning by passing tgt type cooperative approach to the 6th class student at sdn 008 sesayap.