
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tematik (IPA, Bahasa Indonesia Dan IPS) Di Kelas III SDN 008 Sesayap Kabupaten Tana Tidung Tahun Pembelajaran 2011/2012
Pengarang : Ratna Candra Puspitasari
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tematik (ipa, bahasa indonesia dan ips), hal ini terjadi karena tidak semua guru kelas rendah sd melaksanakan pembelajaran model tematik, termasuk kelas iii dan salah satunya adalah kelas dimana peneliti melaksanakan tugas pembelajaran yaitu, kelas iii. pelaksanaan pembelajaran di kelas iii untuk setiap mata pelajaran dilakukan secara terpisah (parsial) dengan persentase ketuntasan 33,33%. penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. subyek penelitian adalah siswa kelas iii di sd negeri 008 sesayap tahun pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari 5 laki – laki dan 5 orang perempuan. berdasarkan hasil rekapitulasi antara siklus setelah melalui pelaksanaan pendekatan tematik dalam pembelajaran ipa bahasa indonesia dan ips pada siklus kedua menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas iii di sdn 008 sesayap mengalami peningkatan. hal tersebut ditunjukan dari nilai rata – rata siswa setelah adanya pendekatan tematik pada siklus pertama diperoleh nilai 87.00 kemudian pada siklus kedua diperoleh nilai 88.00 dimana sebelumnya siswa hanya memperoleh nilai 62.44. hal ini berarti terjadi peningkatan yang sangat baik. hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar ipa,bahasa indonesia dan ips melalui pendekatan tematik pada siswa kelas iii di sdn 008 sesayap tahun pembelajaran 2011/2012.
Abstrak Indonesia
This research has purpose to improve learning result. improve result student learning by using thematic learning type (ipa, indonesian language, ips). this research is class action learning. research subject is the 3th class student at sdn 008 sesayap in academic year 2011/2012, who have 10 people consist of 5 boys and 5 girls. based on recapitulation result between circle, after passing thematic approach implementation ipa, indonesian language and ips at the second show that the result of student learning the 3th class of sdn 008 sesayap get improvement. it is shown from student average score. after being thematic approach to the first circle get score 87,00 then at the second circle get score 88,00. student only get score 62,44. it means there is very good improvement. research result conclude that there is learning improvement result ipa, indonesian language, and ips by passing thematic approach at the 3th class student sdn 008 sesayap in academic year 2011/2012.