
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Membaca Lancar Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas I SDN 019 Tanjung Selor
Pengarang : Nurlaila
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (ptk) yang merupakan suatu kegiatan untuk memperbaiki proses belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam kelas secara bersama.tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi membaca lancar dengan menggunakan metode demonstrasi atau mo dikelasdel pembelajaran tematik dikelas i sd negeri no.019 tanjung selor,semester ii tahun pembelajaran 2011/2012. penelitian tindakan kelas (ptk) ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian dua alus siklus,masing-masing siklus terdiri dari empat pertemuan,sedangkan tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan hasil kegiatan tes dan kegiatan non tes ( lembar pengamatan) mengenai kegiatan belajar siswa,selanjutnya hasil analisis data yang diperoleh kemudian ditunjukan dalam bentuk prosentase peningkatan ketuntasan belajar dan perubahan tingkah laku belajar siswa. hasil analisis penelitian menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan hanya mmencapai (7,69%) sedangkan pada siklus ke i naik (30,76%) selanjutnya pada siklus ii semakin meningkat menjadi 992,30%).jadi dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas i sd negeri no.019 tanjung selor,sangat bermanfaat bagi pene;liti (guru), siswa sebagai yang diteliti dan sekolah. kata kunci: hasil belajar membaca lancar dengan menggunakan metode demonstrasi atau model pembalajaran tematik
Abstrak Indonesia
This is as classroom research, one of the activities to improve learning process that is appeared in the class. the aim of this research is to know the result of learning reading fluently by using demonstration at the first year sdn 019 tanjung selor second semester year 2011 – 2012. this research is done by using two cycles and each cycle derived from four meeting while gathering data taken by the result of test and non-test activity to the student’s learning activity and then the result of the data analysis shown on the forms of presentation of the student who is already acquired of the subject given. according to the research at analysis is known that before research done the score only get 7,69 % while at the first cycles increase 30,76 % and then at the second cycles increase 92,30 %. it means that by using at reading fluently using demonstration at the first year sdn 019 tanjung selor second semester year 2011–2012.