
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Cahaya Dan Sifatnya Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas V SDN 010 Sesayap Kabupaten Tana Tidung
Pengarang : Nora Irani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah hasil belajar siswa pada materi pokok sifat-sifat cahaya dapat ditingkatkan melalui penerapan metode eksperimen di kelas v sdn 010 sesayap. manfaat penelitian ini adalah: (1) bagi guru: dengan mengadakan penelitian tindakan kelas guru dapat mengetahui metode yang tepat sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas hasil dan proses pembelajaran di keasl, agar permasalahan yang dihadapi oleh siswa maupun oleh guru dapat diminimalkan, (2) bagi siswa: dapat meningkatkan hasil belajarnya terhadap mata pelajaran ipa pada materi pokok sifat-sifat cahaya, (3) bagi sekolah: penelitian tindakan kelas dapat memberikan masukan yang baik bagi sekolah untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran ipa. berdasarkan hasil tes tindakan siklus i diperoleh bahwa hasil belajar siswa secara klasikal terhadap materi pelajaran sebesar 100% dengan nilai rata-rata 71 sedangkan hasil evaluasi tindakan siklus ii diperoleh bahwa hasil belajar siswa secara klasikal terhadap materi pelajaran sebesar 100% dengan nilai rata-rata 81. dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan, maka dapat disimpulkan melalui melalui penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok sifat-sifat cahaya siswa kelas v sdn 010 sesayap. kata kunci: metode eksperimen, sifat-sifat cahaya dan hasil belajar
Abstrak Indonesia
Formulation of the problem in this study is whether the learning outcomes of students in the subject matter properties of light can be enhanced through the application of the experimental method in class v 010 sdn sesayap. the benefits of this research are: (1) the teacher: the teacher’s classroom action research conducted to determine the appropriate method so as to improve and enhance the quality of results and learning process in the classroom, so that the problems faced by students and teachers can be minimized, (2) for students: to improve learning outcomes for science subjects in the subject matter light properties, (3) for the school: classroom action research can provide good input for schools to improve the quality of science learning process. based on the test results obtained by the first cycle of action that results in the classical student of the subject matter by 80% with an average value of 71 while the second cycle of action evaluation found that the learning outcomes of students in the classical to the subject matter 0f 100% with an average 0f 81. from the observation, evaluation and reflection on each cycle of action, it can infer through the application of the experimental methods to improve student learning outcomes in the subject matter light and properties students class v sdn 010 sesayap. keywords: experimental methods, properties of light and learning outcomes