UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SDN 011 Sesayap Pada Pokok Bahasan Menyederhanakan Dan Mengurutkan Pecahan Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division)

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SDN 011 Sesayap Pada Pokok Bahasan Menyederhanakan Dan Mengurutkan Pecahan Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division)

Pengarang : Martina Batan Mayaran

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar ipa pada pokok bahasan menyederhanakan dan mengurutkan pecahan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif learning tipe stad (student teams achievement division) siswa kelas vi sdn 011 sesayap. penelitian ini memakai model penelitian tindakan kelas (ptk) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalahmasalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. penelitian dilaksanakan dua siklus. hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus i nilai rata-rata 62.9 adalah dan pada siklus ii sebesar 82. sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 84% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa motivasi belajar matematika pada pokok bahasan menyederhanakan dan mengurutkan pecahan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif learning tipe stad (student teams achievement division) siswa kelas vi sdn 011 sesayap meningkat. kata kunci: metode pembelajaran kooperatif learning tipe stad (student teams achievement division), motivasi siswa

Abstrak Indonesia

The research design of this research used classroom action research (car). the objective of this research was to improve the students’ motivation on simplifying and sorting fractions through cooperative learning type student teams’ achievement division (stad) at sixth grade students of sd negeri 011 sesayap. the research was done also to improve the teaching and learning quality. this research was done into some steps; planning, implementing, observing, and reflecting. the research instruments were observation sheet and cognitive test. based on the result of study in first cycle the students’ score was 62.9 and the second cycle was 82 and its classical percentage was 84%. it indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by using cooperative learning type student teams’ achievement division (stad) by understanding the result of this study, it can be concluded that cooperative learning type student teams’ achievement division (stad) can improve the students’ motivation on simplifying and sorting fractions at sixth grade students of sd negeri 011 sesayap. keywords: cooperative learning type student teams achievement division (stad), students’ motivation