UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 004 Sesayap Pada Pelajaran PPKn Pada Materi Berorganisasi Dengan Metode Demonstrasi Dan Kerja Kelompok

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 004 Sesayap Pada Pelajaran PPKn Pada Materi Berorganisasi Dengan Metode Demonstrasi Dan Kerja Kelompok

Pengarang : Maimunah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Pendidikan pada dasarnya adalah suatu bentuk kegiatan yang bertujuan mengembangkan kemampuan dan ketrampilan intelektual subyek didik sehingga mereka nantinya mampu mengadakan interaksi ditengah kehidupan masyarakatnya. untuk itu sebagai seorang guru harus mampu meningkatkan hasil belajar anak didiknya dengan cara mengoptimalkan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar melalui berbagai macam pendekatan–pendekatan pembelajaran. permasalahan yang diajukan peneliti adalah, apakah metode demontrasi dan kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pkn tentang organisasi pada siswa kelas v sdn sesayap tahun pelajaran 2011/2012. penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan rencana tindak lanjut. subyek penelitiannya adalah siswa kelas v sdn sesayap dengan jumlah siswa 7 anak. hasil penelitian diperoleh berdasarkan data observasi sebelum siklus (23%), siklus i 29 % siswa mendapatkan nilai dibawah kkm (kriteria ketuntasan minimal), pada siklus ii meningkat menjadi (90,3%) siswa mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 70, sehingga siswa mendapat ketuntasan belajar. pembelajaran direncanakan dengan menggunakan metode demontrasi kelompok. dari hasil perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan oleh peneliti maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode demontrasi kelompok yang digunakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sdn 009 sesayap. hal ini menunjukkan bahwa metode demontrasi kelompok pada mata pelajaran pkn terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sdn 004 sesayap tahun pelajaran 2011/2012. dalam pembelajaran pkn, sebaiknya guru lebih menekankan pembelajaran dalam kelompok, karena dengan belajar kelompok akan lebih mengaktifkan siswa dalam melakukan diskusi dan dengan belajar kelompok siswa tidak malu bertanya kepada temannya sendiri.

Abstrak Indonesia

Education is essentially a form of activity that aims to develop intellectual abilities and skills the learner so that they will be able to hold the middle of the interaction community life. for that as a teacher should be able to improve the learning outcomes of their students in a way to optimize the activity of students in learning activities through a variety of approaches - learning approach. issues proposed research is whether method demonstrations and work groups can enhance student learning in subjects civics on organization in class v sesayap sdn academic year 2011/2012. in this study, researchers used a classroom action research with 4 stages, the plan of action, implementation, observation, reflection.the subject of research was a class v student of sdn sesayap by the number of students 7 children. the results obtained based on observational data before the cycle 23%, in cycle i 29% of students scored below the kkm (minimal mastery criteria), in cycle ii increased to 90.3% of students scored greater than or equal to 70, so students gain mastery learning. learning is planned by using the method of demonstration. improvement of learning outcomes conducted by researchers; it can be concluded that the demonstration method used to improve student learning sesayap sdn 009. this suggests that the method of demonstration group on civics lesson proven to improve student learning class v 009 sesayap sdn on the year 2011/2012. civics in learning, teachers should emphasize learning in a group, because the group will further enable the learning of students in a discussion and study groups of students are not ashamed to ask his own (sharing).