UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan HOTS Di Kelas 6 SDN 017 Tarakan

Deskripsi Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan HOTS Di Kelas 6 SDN 017 Tarakan

Pengarang : Dinah Ayu Purwanti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Pembelajaran matematika harus mampu mengajarkan siswa kemampuan berpikir tingkat tinggi yang biasa disebut dengan hots. hots bertujuan untuk mendorong siswa memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan mampu meyelesaikan masalah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran matematika dengan pendekatan hots dikelas 6 sdn 017 tarakan. jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian penelitian menunjukan bahwa: 1) sdn 017 tarakan telah menerapkan pembelajaran matematika dengan pendekatan hots melalui kegiatan pembuka yang terdapat aktivitas hots yakni memberikan pertanyaan yang memuat aspek berpikir tingkat tinggi terlihat ketika guru memberikan pertanyaan yang memancing siswa untuk berpikir kritis. 2) sdn 017 tarakan telah menerapakan pembelajaran matematika dengan pendekatan hots melalui kegiatan inti dengan memberikan soal level hots yang dikerjakan pada saat pembelajaran berlangsung dan dikerjakan secara mandiri maupun kelompok. 3) sdn 017 tarakan telah menerapkan pembelajaran matematika dengan pendekatan hots melalui kegiatan penutup dengan memberikan penugasan berupa tugas yang dikerjakan secara mandiri dan menyimpulkan materi yang dilakukan oleh siswa. kata kunci: pendekatan hots

Abstrak Indonesia

Mathematics learning must be able to teach students high-level thinking skills commonly referred to as higher order thinking skills (hots). hots aims to encourage students to have critical thinking skills, creative, innovative, and able to solve problems. this study aims to describe the mathematics learning with hots approach at the sixth grade of sdn 017 tarakan. this type of research was descriptive using a gualitative research approach. data collection was carried out through interviews, observation, and documentation. the gualitative data analysis technigues consisted of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. the research results showed that: 1) sdn 017 tarakan had implemented mathematics learning with the hots approach through opening activities that included hots activities, namely asking guestions that contained high-level thinking aspects seen when the teacher asked the thought provoking guestions to encourage students think critically. 2) sdn 017 tarakan had implemented mathematics learning with the hots approach through core activities by providing hots guestions that were done during learning independently or in groups. 3) sdn 017 tarakan had implemented mathematics learning with the hots approach through closing activities by giving assignments in the form of tasks that were done independently and summarizing the material by students. keyword: hots approach