UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pola Pemasaran Dan Persepsi Petani Terhadap Bauran Pemasaran Sawi Hijau (Brassica juncea l.) Di Kelompok Tani Sinar Berkat Kelurahan Kampung Enam Tarakan

Pola Pemasaran Dan Persepsi Petani Terhadap Bauran Pemasaran Sawi Hijau (Brassica juncea l.) Di Kelompok Tani Sinar Berkat Kelurahan Kampung Enam Tarakan

Pengarang : Laila Rizqa Umami

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Salah satu komoditas hortikultura yang paling menjanjikan yang berpeluang diserap pasar adalah sawi. sawi adalah sayuran yang termasuk dalam keluarga cruciferous. sawi adalah makanan sehat dan seimbang yang mengandung nutrisi pembentuk serat. tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola pemasaran sawi di kelompok tani sinar berkat kelurahan kampung enam tarakan dan untuk mengetahui persepsi petani terhadap bauran pemasaran sawi di kelompok tani sinar berkat kelurahan kampung enam tarakan. analisiss data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. hasil penelitian terdapat dua pola pola saluran pemasaran sawi di kelurahan kampung enam yang terbentuk di kelompok tani sinar berkat, yaitu saluran pemasaran pola i: petani – konsumen, dan saluran pemasaran pola ii: petani –pedagang pengecer–konsumen. persepsi terhadap bauran pemasaran sawi di kelompok tani sinar berkat adalah sebagai berikut: pada variabel produk ada 49,46% petani yang menyatakan setuju, 36,56% menyatakan sangat setuju, dan 13,98% menyatakan tidak setuju. pada variabel harga ada 51,61% petani menyatakan setuju, 34,41% menyatakan sangat setuju dan 13,98% menyatakan tidak setuju. pada variabel tempat ada 62,37% menyatakan setuju, 35,48% menyatakan sangat setuju, dan 2,15% tidak setuju. pada variabel promosi ada 43,01% petani menyatakan sangat setuju, 34,41 menyatakan setuju, dan 22,58% menyatakan tidak setuju. pada variabel orang ada 38,71% petani manyatakan tidak setuju, 36,56% menyatakan setuju, dan 24,74 menyatakan sangat setuju. pada variabel proses ada 38,71% petani menyatakan sangat setuju, 31,18 menyatakan tidak setuju, dan 30,11 menyatakan setuju. pada variabel bukti fisik ada 60,22% petani menyatakan sangat setuju, 38,71 menyatakan setuju, dan 1,08 menyatakan tidak setuju. kata kunci: pola pemasaran, persepsi, bauran pemasaran

Abstrak Indonesia

Mustard greens are among the most profitable horticultural products the market can take up. veggies in the cruciferous family include mustard. the research objective was to determine the marketing model of mustard greens in the sinar berkat farmer group of kampung enam tarakan village and to describe the farmers' perceptions of the mustard greens mixed marketing in the sinar berkat farmer group of kampung enam tarakan. to analyze the data finding, the researcher used descriptive statistical analysis. research results showed two models of mustard greens marketing channels in kampung enam formed by the sinar berkat farmer group, namely marketing channel model i: farmers -consumers and marketing channel model ii: farmer-retailer-consumer. the perception of the mustard greens mixed marketing in the sinar berkat farmer group was as follows: in the product variable, 49.46% of the farmers agreed, 36.56% strongly agreed, and 13.98% disagreed. in the price variable,51.61% of farmers agreed, 34.41% strongly agreed, and 13.98% disagreed. on the place variable,62.37% agreed, 35.48% strongly agreed, and 2.15% disagreed.on the promotion variable, 43.01% of farmers strongly agreed, 34.41% agreed, and 22.58% disagreed. on the people variable, 38.71% of farmers disagreed,36.56% agreed,and 24.74 strongly agreed. on the process variable, 38.71% of farmers strongly agreed, 31.18 disagreed, and 30.11 agreed. on the physical evidence variable,60.22% of farmers strongly agreed, 38.71 agreed, and 1.08 disagreed. keywords: marketing model, perception, mixed marketing, mustard