
Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Yandi Mengala
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). variabel bebas dalam penelitian ini adalah google classroom dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa. populasi yang akan diambil pada penelitian adalah siswa kelas ix smp negeri 8 tarakan. sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling. dikatakan simple karena pengambilan anggota sampel dari populasi ditentukan sendiri oleh peneliti. analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial untuk menganalisis data akhir dengan menggunakan bantuan software ibm.spss.20.msi. hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa variable bebas atau google classroom deskripsikan bahwa nilai minimumnya sebesar 27, sedangkan nilai maximumnya sebesar 50. nilai rata-rata (mean) sebesar 38,13 dan standar deviasi data google classroom adalah sebesar 4,160. sedangkan variable terikat atau minat belajar siswa deskripsikan bahwa nilai minimumnya sebesar 58 dan nilai maximumnya sebesar 79. nilai rata-rata (mean) sebesar 67,20 dan standar deviasi data minat belajar siswa adalah sebesar 4,871. adapun hasil uji t yang sudah dilakukan, diperoleh t_hitung sebesar 2,032 dan nilai signifikan sebesar 0,047 pada taraf signifikan α = 5% (0,047 < 0,05), sementara pada t_hitung sebesar 2,032 > 〖 t〗_tabel sebesar 2,00030, maka h_0 diterima dan h_1 ditolak. sehingga dapat disimpulakn bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan google classroom terhadap minat belajar siswa kelas ix smp negeri 8 tarakan. kata kunci: penggunaan google classroom, minat belajar siswa
Abstrak Indonesia
The research used was survey research. to collect the data of the research, the researcher used a questionnaire technique. the independent variable of the research was the google classroom and the dependent variable of the research was the student learning interest. the population of the research was class ix students of smp negeri 8 tarakan. the sampling used was the technique of non-probability sampling. the data analysis of the research used descriptive and inferential analysis with the help of ibm. spss.20.msi software. the results of descriptive statistical analysis show that the independent variable or google classroom was described that the minimum value was 27, while the maximum value was 50. the mean was 38.13 and the standard deviation of the google classroom was 4.160, while the dependent variable (student learning interest) was described that the minimum value was 58 and the maximum value was 79. the mean was 67.20 and the standard deviation of the student learning interest was 4.871. the results of the t-test that has been carried out, obtained t-counted of 2.032 and a significant value of 0.047 a significant level of α = 5% (0.047 < 0.05), while at t-counted of 2.0321 > t-table c 2.00030, then ho was accepted and h1 was rejected. the concluded that there was a significant effect of the use of google classroom on the learning interest of t students in class ix of smp negeri 8 tarakan. keywords: the use of google classroom, learning interest of the student