UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Video Pembelajaran Matematika SMP Kelas IX Pada Platform Youtube

Identifikasi Video Pembelajaran Matematika SMP Kelas IX Pada Platform Youtube

Pengarang : Regina Gratia Uran

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai aspek materi, aspek media dan alur video pembelajaran matematika smp kelas ix berdasarkan jumlah viewers terbanyak pada platform youtube. jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. subjek dalam penelitian ini adalah video pembelajaran matematika smp kelas ix materi transformasi. teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 50 video pembelajaran. teknik analisis data menggunakan perhitungan rata-rata. berdasarkan data yang telah diperoleh dan hasil penelitian juga pembahasan yang telah dilakukan maka diperoleh beberapa kesimpulan dari penelitian ini, diantaranya: 1.) aspek materi dan aspek media video pembelajaran matematika berdasarkan jumlah viewers terbanyak pada 50 video pembelajaran matematika didapatkan data penelitian pada beberapa indikator diantaranya relevansi materi dengan nilai rata-rata 3,05 dan pada indikator kualitas materi dengan nilai rata-rata 3,18. adapun pada indikator aspek visual media dengan nilai rata-rata 3,18; aspek audio media dengan nilai rata-rata 2,98; aspek tipografi dengan nilai rata-rata 3,24; aspek bahasa dengan nilai rata-rata 3,27; dan aspek pemrograman dengan nilai rata-rata 3,24. 2.) alur video pembelajaran matematika berdasarkan jumlah viewers terbanyak pada 50 video pembelajaran matematika diperoleh rata-rata dari beberapa indikator yaitu pada indikator pendahuluan dengan nilai rata-rata 0,56; indikator inti dengan nilai rata-rata 0,80; dan indikator penutup dengan nilai rata-rata 0,39. kata kunci: platform youtube, video pembelajaran matematika

Abstrak Indonesia

The purpose of this study was to identify the content features, media aspects, and plot of mathematics instruction films in ninth graders of junior high school based on the most views on youtube platforms. this study was descriptive qualitative. the subject was a video learning of junior high school mathematics class ix transformation material. the sampling technique in this study used a purposive sampling technique so that 50 learning videos were obtained. data analysis technique using average calculation. several conclusions can be derived from this study based on the data acquired, the findings of the research, and the discussion that occurred to take place, including 1.) material and media ascpects of mathematics learning videos based on the most viewers on 50 mathematics learning videos obtained research data on several indicators including material relevance with an average value 0f 3.05 and material quality indicators with an average value of 3.18. as for the indicators of the visual aspect of the media with an average value of 3.18; audio media aspects with an average value of 2.98; typography aspects with an average value of 3.24; language aspect with an average value of 3.27; and programming aspects with an average value of 3.24. 2) the flow of mathematics learning videos based on the highest number of viewers on 50 mathematics learning videos obtained an average of several indicators, namely the introduction indicator with an average value of 0.56; the core indicator with ane average value of 0.80; and the closing indicator with an average value of 0.39.