
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas IV SDN 020 Tanjung Selor
Pengarang : Legimin
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian untuk mengetahui meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv sdn 020 tanjung selor pada mata pelajran ipa materi lingkungan fisik. pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, angket dan tes pada setiap akhir siklus. bentuk tes isian dan bersifat individu. soal dibuat oleh peneliti dan disesuaikan dengan indikator yang telah dirumuskan. hasil analisis penelitian menujukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sdn 020 tanjung selor. kriteria yang dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan adalah pencapaian ketuntasan belajar klasikal sebesar 75% siswa yang tuntas kkm yaitu 64. hasil analisis penelitian menujukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sdn 020 tanjung selor dalam materi lingkungan fisik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa pada siklus i yang dicapai siswa yaitu dari 58% yang tuntas sesuai kkm yang ditentukan yaitu 64. pada siklus ii hasil belajar siswa mencapai 76% yang tuntas kkm yaitu 64. dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ipa adalah melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif picture and picture.
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi