
Pengaruh Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Dalam Pembelajaran Puisi Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas VIII SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan
Pengarang : Desy Ratnasari
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran puisi berbasis pendidikan karakter pada siswa kelas viii smp nasional plus indo tionghoa tarakan.penelitian ini di laksanakan pada bulan juli sampai agustus 2018 smp nasional plus indo tionghoa tarakan. jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control grup desain. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp nasional plus indo tionghoa tarakan berjumlah 37 siswa. sampel penelitian diambil dengan teknik cluster sampling purposive secara tidak acak (random) karena kelas viii di smp nasional plus indo tionghoa tarakan hanya terdapat dua kelas yaitu viii-b sebagai kelas eksperimen dan viii-a sebagai kelas kontrol. data dianalisis dengan menggunakan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software spss versi 16.0 for windows. berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji independent sample t-testdiperoleh thitung7,482 pada taraf signifikan a = 0,05 dan df = 35 diperoleh nilai ttabel 1,690 bearti thitung ? ttabel (7,482 ? 1,690) artinya ho ditolah dan ha diterima. sehingga “penggunaan model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran puisi berbasis pendidikan karakter pada siswa kelas viii di smp nasional plus indo tionghoa tarakan”. kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penerapannya model pembelajaran berbeda. kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning) sedangkan, kontrol menggunakan pembelajaran konvesional. pembelajaran dengan model ctl (contextual teaching and learning) dalam materi puisi berbasis pendidikan karakter pada kelas eksperimen berpengaruh dalam kegiatan menulis puisi pada siswa viii-b karena siswa lebih aktif dan kreatif dalam membuat sebuah puisi sehingga, kedua kelas memiliki perbandingan nilai yang didapat yaitu nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol.
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi