UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang  Energi Dan Kegunaannya Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas IV SDN 006 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Energi Dan Kegunaannya Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas IV SDN 006 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung

Pengarang : Kerisnawati

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini berfokus pada penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar ipa pada siswa sdn 006 sesayap hilir kabupaten tana tidung tahun ajaran 2011/2012 harus mendapatkan solusi sehingga proses kbm dapat efektif dan efisien. tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar ipa tentang materi dan kegunaannya melalui metode eksperimen pada siswa kelas iv sdn 006 sesayap hilir kabupaten tana tidung tahun ajaran 2011/2012 serta memberikan kontribusi positif untuk arah/penggunaan motede penelitian yang efektif ke depannya. penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang deskriptif dan hasil penelitian ditampilkan dengan system kuantitatif berdasarkan perolehan angka atau pun prosentase serta kualifikasi perolehan nilai siswa. subyek penelitian ini adalah siswa kelas iv sdn 006 sesayap hilir sebanyak 10 orang. tes yang digunakan adalah yang bersumber pada buku paket ipa sd kelas iv. interpretasi data menunjukkan bahwa pada siklus 1 tak seorang siswa pun atau (0%) siswa yang mendapat nilai “a”, 5 orang siswa atau (25%) yang mendapat nilai “b”, 15 orang siswa atau (75 %) yang mendapat nilai “c”, tak seorang pun siswa atau (0%) yang mendapat nilai “d” dan tak seorang siswa pun atau (0%) yang mendapat nilai “e”. data pada siklus 2 menunjukkan 13 orang siswa atau (65%) siswa yang mendapat nilai “a”, 7 orang siswa atau (35%) yang mendapat nilai “b”, tak seorang siswa pun atau (0%) yang mendapat nilai “c”, tak satu pun siswa atau (0%) yang mendapat nilai “d” dan tak satu pun siswa atau (0%) yang mendapat nilai “e”. perolehan nilai yang signifikan pada siklus 2 menunjukkan bahwa dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil terhadap perkembangan pembelajaran siswa dalam mata pelajaran ipa khususnya tentang materi dan kegunaannya dengan skor nilai 82.25. nilai tersebut telah melampaui nilai kkm yang tertera pada lampiran yakni 70.

Abstrak Indonesia

This study focuses on the implementation of experimental method to develop learning result in science of the fourth grade students of sdn 006 sesayap hilir tana tidung regency in academic year 2011/2012. it must have got on the solution that teaching and learning process become effective and efficient. this study is to find out how the implementation of experimental method to develop learning result in science of the fourth grade students of sdn 006 sesayap hilir tana tidung regency in academic year 2011/2012 is. this study constitutes descriptive action research and study result is showed by quantitative system due to the value gained or percentage and qualification of students’ grade. the subject of this study is the fourth-grade students of sdn 006 sesayap hilir sums 20 persons. test used in this study is science handbook of the fourth grade. from the result of this study is known that in cycle 1, there is no student (0%) got a, 5 students or (25%) got “b”, 15 students or (75 %) got “c”, no students (0%) got “d” and no students or (0%) got “e”. data on cycle 2 shows that 13 students or (65%) got “a”, 7 students or (35%) got “b”, no students or (0%) got “c”, no students or (0%) got “d” no students or (0%) got “e”. significant value gained in cycle 2 shows that by experimental method can develop learning result of the students in science especially about “material and its use” with the score 82.25. the score has reached minimal passing criteria (kkm) by 70.