UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 002 Sesayap Pada Pokok Bahasan Perpindahan Dan Perubahan Energi Listrik Tahun Pembelajaran 2011/2012

Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 002 Sesayap Pada Pokok Bahasan Perpindahan Dan Perubahan Energi Listrik Tahun Pembelajaran 2011/2012

Pengarang : Jubaidah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar ipa siswa kelas vi sd negeri 002 sesayap tahun pembelajaran 2011/2012 pada pokok bahasan perpidahan dan perubahan energi listrik dengan menerapkan metode eksperimen. penelitian ini dilaksanakan mulai bulan maret, semester genap tahun pembelajaran 2011/2012 di sd negeri 002 sesayap jl. gunung kramat limbu sedulun, kab. tana tidung, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas vi¬ yang berjumlah 15 siswa dan objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode eksperimen yaitu metode mengajar yang dalam penyajian dan pembahasan materinya dilakukan melalui percobaan atau mencoba sesuatu serta mengamati secara proses. teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, dan tes. dokumentasi nilai ulangan harian pada materi pokok sebelumnya digunakan sebagai nilai dasar. pada tiap pertemuan dilaksanakan observasi berlangsungnya proses pembelajaran yang menerapkan metode eksperimen dengan menggunakan lembar pedoman observasi. masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan pembelajaran dan satu kali tes akhir siklus. teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif untuk hasil observasi dan kuantitatif untuk hasil belajar. berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa nilai rata-rata tes tiap akhir siklus adalah sebagai berikut: nilai dasar adalah 55,0 , pada siklus i meningkat menjadi 60,0 dan dari 15 siswa terdapat 67% siswa dinyatakan tuntas, dari siklus i 60,0 meningkat menjadi 70,0 pada siklus ii dan dari 15 siswa terdapat 87% siswa dinyatakan tuntas. selain itu, pada hasil observasi diperoleh aktivitas guru dan aktivitas siswa pada siklus i dinilai baik serta pada siklus ii untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa dinilai baik pula. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ipa siswa kelas vi sd negeri 002 sesayap pada pokok bahasan perpidahan dan perubahan energi listrik setelah diterapkan metode eksperimen mengalami peningkatan.

Abstrak Indonesia

Tidak Tersedia Deskripsi