UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Dan Bangun Ruang Dengan Metode Resistasi Pada Kelas V SD Negeri 007 Tanjung Palas Tengah

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Dan Bangun Ruang Dengan Metode Resistasi Pada Kelas V SD Negeri 007 Tanjung Palas Tengah

Pengarang : Ilham

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian mendiskripsikan penggunaan metode resistasi pada siswa kelas v sdn 007 tanjung palas tengah untuk meningkatkan hasil belajar dalam memahami konsep sifat-sifat datar dan bangun ruang. jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian dilaksnakan selama 22 hari, mulai tanggal 25 april sampai dengan 16 mei 2012. subjek penelitian adalah siswa kelas v sdn 007 tanjung palas tengah dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa yang terdiri 19 iswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. metode resistasi sebagai pegangan siswa untuk mewujaudkan situasi pembelajaran yang efektif, memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran, meningkatkan kualitas pembelajaran, meletakkan dasar-dasar yang kongkrit untuk berpikir, rajin mengerjakan tugas serta agar siswa dapat menguasai konsep yang diajarkan. hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode resistasi dapat meningkatkan kemampuan konsep sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang pada siswa kelas v sdn 007 tanjung palas tengah. akhir siklus ii terdapat 82,86% atau sebanyak 29 siswa nilainya diatas 65 (diatas kkm).

Abstrak Indonesia

Purpose of this research to describe the extent to which the use of recitation in class v sdn 007 tanjung palas tengah to improving learning outcomes in understanding the concept of a bangun datar and bangun ruang. this type of research is a classroom action research conducted research for 22 days, started on 25 april until 16 may 2012 study subjects were 007 students of class v sdn tanjung palas tengah with a number of students were 35 students who comprised 19 woman students and 16 men students. recitation method serves as a handle to help in order to achieve effective learning situation, students are more easily and capture objectives and teaching materials, improving the quality of the learning process, laying concrete foundations for thinking, eager to do the task so pleased with the students' tasks often can master the concepts being taught. the results showed that the use of recitation method can improve the understanding of the concept of nature and the flat wake-up space on sdn 007 tanjung palas tengah. the end of the second cycle are 82.86% or as many as 29 students a value above 65 (above kkm).