
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tematik (IPA, Matematika, SBK) Melalui Media Gambar Berbasis TIK Di Kelas I.A SDN 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung
Pengarang : Herni Susanti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Penelitian ini adalah bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa menggunakan model pembelajaran tematik menggunakan media gambar berbasis tik pada siswa kelas i.a sdn 009 sesayap kecamatan sesayap kabupaten tana tidung. secara khusus penelitian ini bertujuan: (1).mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui pembelajaran tematik menggunakan media gambar berbasis tik; (2). mengetahui apakah melalui pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas i.a. penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahapan, dimulai dari perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. empat tahapan tersebut membentuk siklus. penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar kerja siswa dan lembar observasi. teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaksi, yaitu keterkaitan antara tiga komponen antara lain: pengumpulan data/reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan: pertama pelaksanaan pembelajaran ipa menggunakan model tematik di kelas i.a sdn 009 sesayap kecamatan sesayap kabupaten tana tidung dapat berjalan efektif, tujuan indikator dapat tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran tematik. kedua penerapan metode pembelajaran tematik dapat meningkatkan prestasi belajar ipa siswa kelas i.a sdn 009 sesayap kecamatan sesayap kabupaten tana tidung. hal ini dilihat dengan persentase siswa yang mendapat nilai terus meningkat dari siklus i sampai siklus ii. pada siklus i nilai rata-rata siswa adalah 63.2. pada siklus ii nilai rata-rata kelas adalah 73, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran tematik menggunakan media gambar berbasis tik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas i.a sdn 009 sesayap kecamatan sesayap kabupaten tana tidung tahun pelajaran 2011/2012.
Abstrak Indonesia
The purpose of this research is to improve science learning outcomes using the model of thematic learning using ict-based image media in class ia elementary school district 009 sesayap sesayap tidung tana. in particular, this study aims to: (1). describe the implementation of learning through thematic learning using ict-based media image, (2). knowing whether through thematic learning can improve student learning outcomes science class i.a. study used action research methods class that contains lines of inquiry include four stages, starting from planning, action, observation and reflection. the four stages of a cycle. the research took place in three cycles. data collection techniques in this study is documentation, test learning outcomes, and the observation sheet. the data analysis technique used is the interaction analysis model, the relationship between the three components are: data collection / data reduction, data presentation and conclusion / verification. the results of this class action can resume: first implementation science learning through thematic learning in class i.a elementary school district 009 sesayap sesayap tana tidung be effective, objective indicators can be achieved in accordance with the purpose of learning by implementing thematic learning. second application of thematic learning methods to improve science achievement grade i.a sdn 009 sesayap sub sesayap tana tidung. this is seen by the percentage of students who score increased from cycle i to cycle ii. in the first cycle the average value is 63.2 students. in the second cycle the average grade is 73. thus it can be made a recommendation that through thematic learning using ict-based drawing media can improve student learning outcomes sesayap class ia elementary school district 009 sesayap tana tidung school year 2011/2012.