UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Dan Alat Peraga Globe Pada Kelas V SDN 005 Sesayap

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Dan Alat Peraga Globe Pada Kelas V SDN 005 Sesayap

Pengarang : Herni L.

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dengan bantuan alat peraga globe mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas iv sd 005 sesayap. penelitian ini memakai model penelitian tindakan kelas (ptk) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, dan tes yang dilakukan terhadap siswa kelas iv sdn 005 sesayap berkaitan dengan konsep materi kenampakan bumi. data dalam penelitian ini meliputi: (1) data perbaikan pembelajaran; dan (2) data hasil belajar yaitu kemampuan kognitif siswa. sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas iv sdn 005 sesayap. hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus i hasil belajar siswa secara klasikal adalah 55,71 dan pada siklus ii adalah 71,42. kata kunci: hasil belajar, metode demonstrasi dan alat peraga globe

Abstrak Indonesia

The purpose of the study was to determine the application of the method of demonstration with the help of props globe can improve student learning activities sesayap 005 fourth grade. the study used the model of classroom action research (car) is a wide class research, conducted by the teacher to solve learning problems faced by teachers, to improve the quality and learning outcomes. the design of this study consisted of planning, implementation, observation and reflection carried out two cycles the data in this study were obtained from the results of observation, and tests performed on the fourth grade students of sdn 005 sesayap related to the concept of earth material appearance. the data in this study include: (1) learning the data improvement, and (2) data from the study that the cognitive abilities of students. sources of data in this study were 005 fourth grade students of sdn sesayap. the results showed that: (1) an increase in the activity of the students, and (2) an increase in student learning outcomes in the first cycle in the classical student learning outcomes is 55.71 and the second cycle was 71.42. keywords: learning outcomes, method demonstrations and props globe