
Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mengidentifikasi Benda-Benda Dan Bangun Datar Yang Simetris Melalui Metode Diskusi Di Kelas IV SDN 001 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung
Pengarang : Hedi Susanto
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv sdn 001 sesayap hilir tahun pembelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 15 siswa. penelitian dilaksanakan dua siklus. siklus i dan siklus ii masing-masing dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dengan dua kali proses pembelajaran dan satu kali tes hasil belajar. teknik pengumpulan data berupa lembar observasi untuk mengukur tingkat aktivitas siswa dan lembar angket untuk mengetahui pendapat atau sikap siswa tentang pembelajaran matematika dalam mengidentifikasi benda-benda dan bangun datar yang simetris. tes hasil belajar, bentuk tes dikerjakan dalam kelompok diskusi dilaksanakan setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. soal tes hasil belajar pada pada setiap siklus berbentuk uji tes dan unjuk kerja. nilai hasil belajar diperoleh dengan menganalisis data berupa nilai tugas dan nilai tes hasil belajar tiap siklus. hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus i dibandingkan dengan nilai sebelum penelitian adalah 54 atau ketuntasan secara keseluruhan mencapai 20%, dari siklus i ke siklus ii mengalami peningkatan dari 74 atau tingkat ketuntasan secara keseluruhan 53% menjadi 86 dan tingkat ketuntasan 80%. aktivitas guru pada siklus i dinilai cukup oleh observer, pada siklus ii dinilai baik.berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode diskusi pada materi pokok benda-benda dan bangun datar yang simetris di kelas iv sdn 001 sesayap hilir mengalami peningkatan. kata kunci: metode diskusi, hasil belajar siswa
Abstrak Indonesia
The research design of this research used classroom action research (car). the objective of this research was to improve the students’ achievement of identifying things and flat construction through discussion method at fourth grade students of sd negeri 001 sesayap hilir kabupaten tana tidung. based on the result of study in first cycle the students’ score was 74 and the second cycle was 86. it indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by discussion method. by understanding the result of this study, it can be concluded that the learning aids can improve the students’ achievement of identifying things and flat construction through discussion method at fourth grade students of sd negeri 001 sesayap hilir kabupaten tana tidung. keywords: discussion method, students’ achievement