UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Negosiasi Terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Negosiasi Terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Ardiansyah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi berbasis powtoon pada mata pelajaran bahasa indonesia materi teks negosiasi terhadap siswa kelas x sma negeri 2 tarakan dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran animasi berbasis powtoon yang efektif dari aspek kelayakan dan keefektifan. penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dari model borg and gall yang terdiri dari 10 langkah penelitian yaitu, pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, diseminasi dan implementasi. penelitian ini perlu adanya batasan dalam skala kecil (dalam emzir, 2013: 271) dan dimodifikasi oleh setyosari (2013) yang hanya sampai pada 7 langkah penelitian yaitu pengumpulan data dan informasi awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk akhir. instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar pedoman wawancara guru, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli bahasa, angket validasi ahli desain, angket respon guru, angket respon siswa. hasil penelitian dari validasi media pembelajaran animasi melalui angket oleh pakar materi mendapat 90% yang diperoleh dari 3 indikator pokok penilaian yaitu kesesuaian materi dengan kd, keakuratan materi, dan penyajian pendukung. pakar bahasa mencapai 88% yang diperoleh dari 10 indikator penilaian dan dinyatakan sangat layak, pakar desain mencapai 83% dikategorikan sangat layak, angket tanggapan dari guru terhadap media pembelajaran animasi berbasis powtoon sebesar 83% dinyatakan sangat praktis, dan tanggapan siswa mencapai 97% dan juga dinyatakan sangat efektif. uji coba produk yang dikembangkan dilaksanakan di sma negeri 2 tarakan. hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran bahasa indonesia dengan materi teks negosiasi.

Abstrak Indonesia

Tidak Tersedia Deskripsi