UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Yunita Kristiani Randa Layuk

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achivement divisions (stad) terhadap hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 7 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di smp negeri 7 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) pemilihan desain ini bertujuan untuk mengetahui dampak/pengaruh yang dihasilkan setelah adanya pemberian perlakuan didalam kelas. desain quasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-postest control group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp negeri 7 tarakan. pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas viii-2 sebagai kelas eksperimen dan viii-4 sebagai kelas kontrol. pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. analisis inferensial menggunakan uji independent sample t test (uji t). berdasarkan hasil analisis data akhir postes diperoleh nilai t hitung 4,266 dengan t tabel sebesar 1,998 karena t hitung ≥ t tabel dengan nilai signifikansi 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe stad berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. kata kunci: stad, hasil belajar

Abstrak Indonesia

This study aimed to discover to discover the effect of the coopeerative learning model students teams achievement divisios (stad) on the learning outcomes of 7^th -grade students t smp negeri 7 tarakan. this research was conducted in the even semester of the 2022/2023 academic year. the type of research used was quasi experimental. this design selection was to determine the influence of administering treatment in the classroom. the quasi-experimental design in this research was the pretest-posttest control group design. this study’s population were all 7^th grade at smp negeri 7 tarakan. a simple random sampling technique was applied. class collection was completeded by learning achievement test. the descriptive analysis included arithmetic mean, and standard deviation-inferential analysis was used as the independent sample t-test (t-test). based on the results of the final post-test data analysis, the value of t count was 4.266 with a t table of 1998 because t count ≥ t table, with a significance value was a 5%, so it can be concluded that the stad cooperative learning model influenced students’ learning outcomes. keywords: stad, learning outcomes