
Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Letak Kondisi Geografis Indonesia Di Kelas V SDN 002 Selumit Pantai
Pengarang : Kristopel
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media audio visual dengan kriteria kevalidan di tinjau dari ahli materi dan ahli media, ketertarikan ditinjau dari angket respon siswa yang dikumpulkan. jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (r&d). model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan borg and gall dalam (sugiyono, 2015), dari sepuluh tahapan hanya menggunakan enam tahapan yaitu, potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk terbatas. penilaian kevalidan media pembelajaran audio visual terdiri dari ahli materi dan ahli media. hasil yang diperoleh dari validasi materi sebesar 72,5%, ahli media 85,71%, serta uji coba produk terbatas 84,5%. hasil validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan media pembelajaran audio visual valid digunakan dalam proses pembelajaran. hasil angket respon siswa pada uji coba produk terbatas menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran audio visual berada pada menarik. kriteria media pembelajaran audio visual dikatakan valid, layak dan menarik apabila media pembelajaran audio visual telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan pada penelitian ini. kata kunci: penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, audio visual, model borg and gall
Abstrak Indonesia
This study aimed to produce audio-visual learning media with the validity criteria reviewed by material and media experts and student preference through guestionnaires. this research is research and development with the borg and gall development model (sugiyono, 2015). this research employed six out of ten stages: potential problems, data collection, product design, design validation, design revision, and limited product trials. the audio-visual learning media validity was assessed by material and media experts. the validity result showed that material experts classified it as 72.5%, media experts as 85.71%, and limited product trials as 84.5%. it indicated that audio-visual learning media is valid for the learning process. furthermore, the student response towards the audio-visual media in the limited product trial showed that the students highly categorized it into interesting stages. the criteria for audio-visual learning media are valid, feasible, and interesting once the audio-visual learning media meets the criteria set out in this study. keywords: research and development, audio-visual learning media, borg and gall model