UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Mengenal Benda Langit Siswa Kelas 1 SDN 008 Sesayap Hilir

Penerapan Model Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Mengenal Benda Langit Siswa Kelas 1 SDN 008 Sesayap Hilir

Pengarang : Asni Erawati

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini berfokus pada penerapan pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar ipa pada siswa sdn 008 sesayap hilir kabupaten tana tidung tahun ajaran 2011/2012 yang mana pembelajaran merupakan momok utama bagi para guru untuk mendapatkan resolusi sehingga proses kbm dapat berhasil guna. tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar ipa tentang mengenal benda langit melalui metode pembelajaran tematik pada siswa kelas i sdn 008 sesayap hilir kabupaten tana tidung tahun ajaran 2011/2012 serta memberikan kontribusi positif untuk arah/penggunaan motede penelitian yang efektif ke depannya. penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang deskriptif dan hasil penelitian ditampilkan dengan system kuantitatif berdasarkan perolehan angka atau pun prosentase serta kualifikasi perolehan nilai siswa. subyek penelitian ini adalah siswa kelas i sdn 008 sesayap hilir sebanyak 10 orang. tes yang digunakan adalah yang dibuat oleh penulis sendiri yang bersumber pada buku paket ipa sd kelas i. dari hasil penelitian yang ada diketahui bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus 1 yaitu 53.5 dalam pembulatan 54 termasuk dalam kategori “kurang” dan pada siklus 2 yaitu 72 termasuk kategori “baik”. interpretasi data menunjukkan bahwa pada siklus 1; tak seorang siswa pun atau (0%) siswa yang mendapat nilai “a”, tak seorang siswa pun atau (0%) yang mendapat nilai “b”, 2 orang siswa atau (20%) yang mendapat nilai “c”, 8 orang siswa atau (80%) yang mendapat nilai “d” dan tak seorang siswa pun atau (0%) yang mendapat nilai “e”. data pada siklus 2 menunjukkan terdapat 2 orang siswa atau (20%) siswa yang mendapat nilai “a”, 6 orang siswa atau (60%) yang mendapat nilai “b”, 2 orang siswa atau (20%) yang mendapat nilai “c”, tak satu pun siswa atau (0%) yang mendapat nilai “d” dan tak satu pun siswa atau (0%) yang mendapat nilai “e”. perolehan nilai yang signifikan pada siklus 2 menunjukkan bahwa dengan pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil terhadap perkembangan pembelajaran siswa dalam mata pelajaran ipa khususnya tentang mengenal benda langit dengan skor 72. nilai tersebut telah melampaui nilai kkm yang tertera pada lampiran yakni 67.

Abstrak Indonesia

This study focuses on the tematic learning implementation to develop science result of the first grade students of sdn 008 sesayap hilir whereas learning process becomes major problem for teachers to get resolution on the effectiveness of teaching and learning process. the aim of this study is to develop science result of the first grade students of sdn 008 sesayap hilir by means of tematic learning model and gives positive contributions for the future. this study is categorized as descriptive and result of this study presented in quantitative or statistical value. the subject of this study is the first grade students of sdn 008 sesayap hilir. the sums of the students are 10 persons within 4 boys and 6 girls. the instrument used is researcher made test and handbook of science class i. from the result of this study, it is knows that the average score gained by the students in cycle 1 is 53.5 or 54 rounded off. it is included in category “poor”. in cycle 2, it is known that the average score gained by the students is 72. it is included in category “good”. it could be discussed that in cycle 1, there is no student (0%) got a and b, 2 students (20%) got c, 8 students (80%) got d and there is no student got e. data in cycle 2 shows that there are 2 students (20%) got “a”, 6 students (60%) got “b”, 2 students (20%) got “c”, there is no student got “d” and “e”. significant value gained on presented on cycle 2 shows that by tematic learning implementation can develop science result in material “acquanting sky material (planets). the score is 72 and it has reached minimal passing criteria (kkm) in appendix that is 67.