UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Menghitung Volume Kubus Dan Balok Menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD Kelas V SDN 002 Sesayap Hilir

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Menghitung Volume Kubus Dan Balok Menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD Kelas V SDN 002 Sesayap Hilir

Pengarang : Antung

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kooperatif tipe stad dikelas v sdn.002 sesayap hilir kabupaten tana tidung. serta memberikan impormasi tambahan kepada guru lain. penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan 2 siklus. subjek penelitian adalah siswa kelas v sdn.002 sesayap hilir yang berjumlah 12 siswa. data dikumpul melalui tes hasil belajar, observasi lembar pengamatan aktivitas siswa. data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan dari pelaksanaan siklus ptk dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentasi dan rata-rata untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran pembelajaran. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan populasi sekaligus sampel siswa kelas v sdn. 002 sesayap hilir kabupaten tana tidung yang memiliki nilai rata-rata dibawah nilai kkm 6,0 atau nilali rata-ratanya 4,5. hasil penelitian menunjukan penggunaan metode kooperatif tipe stad pada mata pelajaran matematika khususnya kelas v sdn. 002 sesayap hilir dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan keaktifan siswa dan membantu guru dalam merangcang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran. kata kunci: meningkatkan hasil belajar, volume kubus dan balok, metode kooperatif stad

Abstrak Indonesia

This study aims to improve student learning outcomes by using the cooperative method in class v type stad sdn 002 sesayap lower tana tidung. as well as providing additional impormasi to other teachers. the study used a qualitative descriptive study with 2 cycles. subjects were students of class v sdn 002 sesayap downstream totaled 12 students. data collected through achievement test, observation sheet abservation of student activity. data collected at each execution cycle of ptk activity were analyzed using descriptive presentation technique and average to see trends in the teaching learning activities. this research is a descriptive study, with a sample of the population as well as students of class v sdn. 002 sesayap lower tana tidung having average value below the value of 6.0 or great-value kkm average 4.5 the result showed the use of type stad cooperative method in math class v in particular elementary school. 002 downstream sesayap can improve student learning outcomes, increase student activity and assist teachers in merangcang and implement learning activities. keywords: improve learning outcomes, volume and beam cube, method stad cooperative