
Strategi Pemasaran UMKM Di Kota Tarakan
Pengarang : Firanda Andi Pramana
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pemasaran digunakan untuk umkm di kota tarakan. data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer, yaitu dengan melakukan wawancara langsung dengan informan. metode penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. metode analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yaitu dengan menggunakan analisis swot. partisipan dalam penelitian ini umkm cemilan krupuk wahyuni, jae.pongan, kripik pisang uci, intensitas kopi. temuan penelitian ini menunjukkan bahwa hampir semua umkm memiliki nilai skor ifas positif, menunjukkan posisi internal yang kuat. selanjutnya, nilai skor efas positif umkm menunjukkan bahwa mereka efektif memanfaatkan peluang yang ada di pasar industri mereka sambil berhasil menghindari ancaman potensial. matriks swot menunjukkan posisi umkm di kuadran so (agresif), yaitu memanfaatkan kekuatan umkm untuk mendapatkan peluang yang ada. kata kunci: strategi pemasaran, swot, umkm.
Abstrak Indonesia
This study aims to find out and analyze how marketing strategies are used for msmes in tarakan city the data used in this study use primary data by conducting direct interviews with informants the method of determining informants uses a purposive sampling technique data collection methods in this study were interviews and questionnaires the data analysis method uses a quantitative descriptive method using a swot analysis the participants in this study were msmes cemilan kerupuk wahyuni, jaepongan, kripik pisang uci, intensitas kopi. the findings of this study indicate that almost all msmes have a positive ifas score indicating a strong internal position futhermore the positive efas score of msmes indicates that they effectively take advantage of the opportunities that exist in their industrial market while succsesfully avoiding potential threats the swot matrix shows the position of msmes in the so (aggresive) quadrant uttilizing the strengths of msmes to seize existing opportunities keywords : marketing strategy,swot,msmes