UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Dinamika Kelompok Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Di SMP Tahfidz Qur'an Tarakan

Analisis Dinamika Kelompok Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Di SMP Tahfidz Qur'an Tarakan

Pengarang : Abdul Samat

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Analisis dinamika kelompok dalam layanan bimbingan kelompok di smp plus tahfidz qur’an tarakan”. program studi bimbingan dan konseling fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas borneo tarakan. dibimbing oleh ibu suriata, m.pd selaku pembimbing utama dan bapak suprianto, s.sos.,m.pd selaku pembimbing anggota. layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi merupakan layanan dalam bimbingan dan konseling yang dilaksanakan untuk mengatasi berbagai macam masalah siswa di sekolah. tujuan penelitian ini untuk mengetahui dinamika kelompok dalam layanan bimbingan kelompok di smp plus tahfidz qur’an tarakan. jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan informan penelitian terdiri dari 4 orang diantaranya guru bimbingan dan konseling dan 3 orang siswa yang sudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. adapun teknik analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian yang menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terdapat dinamika kelompok, yaitu 1) komunikasi kelompok, yaitu terjalinnya kuminikasi yang efektif antar anggota kelompok dimulai dari pembentukan pemimpin dalam kelompok hingga sampai pada pemaparan hasil diskusi kelompok; 2) konflik dalam kelompok, yaitu guru bimbingan dan konseling selalu mendorong siswa untuk saling berargumentasi terhadap apa yang telah dipaparkan oleh kelompok lain sehingga muncul gagasan-gagasan dari kelompok lain, selain itu juga terdapat anggota kelompok mempertahankan argumentasinya sesuai dengan hasil diskusi kelompoknya; 3) kekuatan dalam kelompok, yaitu adanya usaha masing-masing pemimpin kelompok untuk mempertahankan anggota kelompoknya agar dapat merasa nyaman dan dihargai dikelompoknya; 4) kohesi kelompok, yaitu terjadinya kerjasama dan kekuatan-kekuatan interaksi antara anggota kelompok untuk saling menyampaikan ide dan gagasan; dan 5) pengambilan keputusan, yaitu setiap kelompok menarik kesimpulan dari hasil pertimbangan ide dan gagasan dari anggota kelompoknya sehingga tercipta pengambilan keputusan yang berkualitas. kata kunci: bimbingan kelompok, dinamika kelompok

Abstrak Indonesia

Group guidance service with discussion technique is a service in guidance and counseling that is carried out to address various kinds of student problems at school. the objective of this study was to determine group dynamics in group guidance service at smp plus tahfidz quran tarakan. this study employed qualitative research with a descriptive approach and the participants consisted of 4 informants including a guidance and counseling teacher and 3 students who had received group guidance service. the data obtained from interviews and documentation were analyzed through the steps of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. the results of the study showed that group dynamics in the implementation of group guidance service using group discussion technique consisted of: (1) group communication, namely the establishment of effective communication between group members starting from the formation of leader in the group to the presentation of the results of group discussion; (2) conflict within the group, namely the guidance and counseling teacher always encouraged students to argue with each other about what had been presented by other groups so that ideas arose from other groups, besides that there were also group members defending their arguments in accordance with the results of group discussion; (3) strength in the group, namely the efforts of each group leader to maintain group members so they could feel comfortable and were appreciated in their group; (4) group cohesion, namely the occurrence of cooperation and interaction strengths among group members to convey ideas to each other, and (5) decision-making, namely each group drew conclusion from the results of ideas consideration from group members so as to create quality decision-making. keywords: group guidance, group dynamics