
Peran Guru Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Moral Pada Siswa Kelas IV Di SDIT Al-Mustaqim Tarakan
Pengarang : Rika
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan pendidikan karakter moral pada siswa. jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. instrumen penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, wawancara, dan dokumentasi. data ini menggunakan teori miles dan huberman dengan urutan langkah-langkah pertama reduksi data mencatat fenomena yang ada di lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumen, kedua penyajian data penelitian dalam bentuk narasi, dan ketiga penarikan kesimpulan. hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peran guru dalam meningkatkan pendidikan karakter moral pada siswa kelas iv sdit al-mustaqim tarakan. peran guru dilakukan dengan berbagai macam penanganan, peran guru tersebut ialah sebagai pengelola kelas dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di dalam kelas, sebagai fasilitator dengan menyediakan fasilitas belajar seperti sarana dan prasarana yang baik, sebagai motivator dengan memberikan motivasi belajar untuk meningkatkan semangat belajar siswa, sebagai demonstrator dengan memperagakan atau mencontohkan bentuk pendidikan karakter moral yang baik, sebagai pembimbing dengan memberikan nasihat yang baik kepada siswa, dan sebagai evaluator dengan memberikan penilaian sikap kepada siswa. adapun beberapa upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan pendidikan karakter moral siswa pada nilai karakter disiplin dengan mencontohkan datang tepat waktu ke sekolah dan saat jam mengajar di dalam kelas, demokratis melalui pemilihan ketua kelas serta memecahkan masalah secara musyawarah, bersahabat/komunikatif dan cinta damai dapat diterapkan dengan belajar secara kelompok dan peduli sosial dengan memberikan nasihat untuk memiliki rasa peduli sosial ke teman dan orang lain agar siswa dapat memiliki moral yang dipandang baik. kata kunci: peran guru, upaya pendidikan karakter moral
Abstrak Indonesia
This study aimed to determine the teacher's role in improving moral character education in students. this type of research used a qualitative approach with the type of descriptive qualitative research. the research instrument was the researcher himself, and the data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. this data used the theory of miles and huberman with the first sequence of data reduction steps noting phenomena in the field through observation, interviews, and documents. second, presenting research data in narrative form, and thirdly drawing conclusions. the results obtained from this study were the teacher's role in improving moral character education in fourth- grade students at sdit al-mustaqim tarakan. the teacher's role was carried out with various kinds of handling like as a class manager by creating a pleasant learning atmosphere in the classroom, as a facilitator by providing learning facilities like good facilities and infrastructure, as a motivator by providing learning motivation to increase student enthusiasm for learning, as a demonstrator by demonstrating or exemplifying a good form of moral character education, as a guide by giving good advice to students, and as an evaluator by giving an attitude assessment to students. as for some of the efforts made by teachers to improve students' moral character education on disciplinary character values by exemplifying arriving on time to school and during teaching hours in class, democratically through electing class leaders and solving problems in deliberation, friendly or communicative and peace-loving ways can be applied by studying in groups and social care by giving the advice to have a sense of social care to friends and other people so that students can have good morals. keywords: teacher's role, moral character education efforts