UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Tumbuhan Hijau Melalui Metode Eksperimen Berbantuan Alat Sederhana Di Kelas V-1 SDN Utama 2 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Tumbuhan Hijau Melalui Metode Eksperimen Berbantuan Alat Sederhana Di Kelas V-1 SDN Utama 2 Tarakan

Pengarang : Siti Hafidzah Irfani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ipa tentang tumbuhan hijau melalui metode eksperimen berbantuan alat sederhana di kelas v-1 sdn utama 2 tarakan. penelitian tindakan kelas (ptk) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masingmasing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran. rata-rata hasil belajar pada aspek psikomotorik untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus i ke siklus ii meningkat sebesar 21,54. sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat sebesar 4,67. maka, presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus i sebesar 73,33% meningkat menjadi 86,67% pada siklus ii. kesimpulan penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah penggunaan metode eksperimen dengan berbantuan alat sederhana pada pembelajaran ipa pada siswa kelas v-1 sdn utama 2 tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Abstrak Indonesia

The objective of this study was to improve the students‟ learning achievement on natural science about green plants through experimental method aided by simple learning devices at class v-1 of sdn utama 2 tarakan. the classroom action research was employed in 2 cycles, each consisted of 4 steps, namely: planning, action, observation and reflection. there are 3 steps on data collecting technique: they are planning, action and reporting. the data collecting instruments are achievement test, psychomotor observation sheet, observation sheet of student activity, and observation sheet of teacher activity in learning process. the mean score of students‟ learning achievement on psychomotor aspect from cycle i to cycle ii improved 21,54 points, and on cognitive aspect improved 4,67 points. so, the classical percentage of students‟ learning achievement from cycle i which was 73,33% improved to be 86,67% in cycle ii. the conclusion of this research is that the use of experimental method aided by simple learning devices could improve the students‟ learning achievement on natural science for the grade v-1 sdn utama 2 tarakan.